by

Ajax Tuding Skuad Juventus 1996 Pakai Doping, Dua Legenda si Nyonya Tua Naik Pitam

Tudingan Manager Umum Ajax Amsterdam, David Endt, terkait dugaan penggunaan doping yang dilakukan skuad Juventus di partai final Liga Champions 1996 yang melibatkan kedua tim, nampaknya bakal berbuntut panjang. Dua legenda si Nyonya Tua, Alessio Tacchinardi dan Ciro Ferrara, naik pitam gegara pernyataan bekas gelandang De Godenzonen periode 1974–1977 tersebut.

Tudingan David Endt

Sebagaimana diketahui, Ajax Amsterdam terundi untuk kembali berhadapan dengan Juventus di perempat final Liga Champions musim 2018/2019. Menyusul kepastian inilah David Endt yang sudah bekerja bagi klub asal Negeri Tulip sejak 1993, mengorek kembali luka lama yang ditelan timnya kala tunduk di tangan Bianconeri lewat drama adu penalti usai kedua kubu bermain imbang 1-1 di waktu normal. Secara gamblang, pria berumur 65 tahun mengatakan bahwa kuat dugaan para personel raksasa Serie A saat itu menggunakan obat peningkat performa alias doping.

“Pada satu masa di Roma, kami bermain melawan tim Juventus yang terindikasi memakai doping. Tidak ada yang tahu kebenarannya, namun itu masih membakar kami,” kata David Endt kepada Radio Kiss Kiss.

Reaksi Alessio Tacchinardi dan Ciro Ferrara

Statement Endt kontan menuai amarah legenda Juventus, Alessio Tacchinardi. Kendati tak terlibat langsung dalam duel antara Ajax vs Bianconeri di final Liga Champions 1996 silam, namu ia berani menjamin bahwa apa yang dilontarkan pria asal Belanda tidaklah benar. Tacchinardi juga berharap pernyataan Endt mampu menjadi pelecut semangat armada asuhan pelatih Massimiliano Allegri untuk kembali menundukkan wakil Negeri Tulip di kompetisi elit Eropa musim ini.

“Saya mendengar pernyataan itu, dan ternyata dari orang yang sangat terkenal, David Endt. Saya hanya bisa berkata bahwa dia tidak tahu malu,” buka Alessio Tacchinardi kepada SportMediaset.

“Tim Juventus kala itu sudah bekerja sangat keras sejak hari pertama latihan pra-musim untuk bisa membawa kembali trofi Liga Champions ke Turin, dan mereka berhasil meraih mimpi tersebut. Saya harap kata-katanya bisa menjadi motivasi bagi pemain kami untuk menyingkirkan Ajax lagi. Memalukan!” tandas pria berumur 43 tahun tersebut.

Sementara legenda Juventus lainnya, Ciro Ferrara, menyayangkan betul tudingan yang dilayangkan David Endt, yang menurutnya terlontar tanpa berpikir panjang.

“Sebagai seseorang yang bertanggungjawab dalam komunikasi tim, Endt seharusnya tahu bahwa pernyataan itu telah membuat semangat kami terbakar,” singkatnya.

Di babak perempat final Liga Champions 2018/2019 nanti, Ajax akan lebih dulu bertindak sebagai tuan rumah dengan menjamu Juventus di Amsterdam Arena, 11 April 2019 mendatang. Sepekan berselang, 17 April 2019, giliran si Nyonya Tua yang menyambut De Godenzonen di Allianz Stadium of Turin.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed