by

Allegri: Jangan Lebay, Kean Bukan Ronaldo atau Messi

Allenatore Juventus, Massimiliano Allegri, merasa perlu angkat bicara terkait pemberitaan awak media yang belakangan ia anggap terlalu mengelu-elukan salah satu pemain mudanya, Moise Kean.

Tampil Apik di Timnas Italia

Nama Moise Kean akhir-akhir ini menjadi primadona di berbagai media massa usai tampil apik bersama Tim Nasional Italia di Kualifikasi EURO 2020. Penyerang berumur 19 tahun turut menyumbangkan satu gol kala timnas besutan pelatih Roberto Mancini melumat Finlandia 2-0 tanpa balas di Friulli Stadium, Senin, 25 Maret 2019 dini hari WIB lalu. Kean lantas kembali mencetak satu gol ketika Gli Azzurri memporak-porandakan Liechtenstein 6-0 di Ennio Tardini Stadium, Rabu, 27 Maret 2019 dini hari WIB.

Kedua gol itulah yang kontan membuat punggawa muda Juventus disorot habis-habisan oleh Media, sebab ia menjadi pemain termuda yang sukses mencetak gol bagi Italia sejak Bruno Nicole pada 1958 silam. Kean bahkan digadang-gadang bakal menjadi salah satu bintang masa depan Negeri Pizza.

Bukan Ronaldo atau Messi

Namun begitu, Allegri menilai pemberitaan Media terhadap Kean sudah terlalu berlebihan, dan ia tak ingin sang wonderkid menjadi terlena karenanya. Juru taktik berumur 51 tahun berusaha meredam situsi dengan meminta semua pihak berhenti mengelu-elukan Kean secara eksesif, sebab bocah kelahiran Vercelli, Italia, 28 Februari 2000 tersebut belum memiliki mentalitas seperti Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi yang sudah kebal terhadap star syndrome meski terus dihujani berbagai sanjungan.

“Saya tidak tahu siapa yang memulai pembicaraan soal Moise Keane seperti itu. Dia mencetak gol saat Italia melawan Liechtenstein, dan dengan segala hormat kepada Liechtenstein, dia bukanlah Ronaldo atau Messi,” kata Massimiliano Allegri, sebagaimana dikutip dari AS.

“Saya harus menjaganya agar dia tetap menjadi pribadi yang membumi setelah pemberitaan besar dari media belakangan. (Reaksi saya) Ini adalah hal yang wajar,” sambung mantan penukang AC Milan tersebut.

Biarkan Kean Tumbuh Secara Normal

Lebih jauh, Allegri mengaku enggan melihat Kean terbebani ekspektasi yang terlalu besar, yang mana itu akan menganggu proses perkembangannya sebagai pemain.

“Kean mesti melaju selangkah demi selangkah. Dia masih bocah berusai 19 tahun. Kekhawatiran saya adalah bagaimana nanti dia bisa melanjutkan segalanya dari sini (dari ekspektasi yang sedimikan tinggi), seperti semua pemain muda lainnya. Kean harus tetap tenang. Sangat jelas dia memiliki kualitas sebagai pencetak gol, namun kita harus membiarkan dia berjalan dan tumbuh secara normal. Tugas saya adalah melindunginya,” tutup Allegri.

Moise Kean bergabung dengan tim utama Juventus sejak tahun 2016 lalu. Sejauh ini, bomber muda tersebut tercatat sudah tampil sebanyak delapan kali dan mencetak empat gol bagi si Nyonya Tua di semua ajang kompetisi. Kean bahkan menjadi penentu kemenangan pasukan Allegri kala mengalahkan Empoli 1-0 dalam giornata ke-29 Serie A 2018/2019, Minggu, 31 Maret 2019 dini hari tadi WIB di Allianz Stadium of Turin.

Related Post

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed