by

Belum Siap, Guardiola Berharap Stones Tak Penuhi Panggilan Timnas Inggris

Perancang strategi Manchester City, Josep Guardiola, berharap salah satu bek tengah andalannya, John Stones, tidak memenuhi panggilan pelatih Gareth Southgate untuk memperkuat Tim Nasional Inggris di jeda international akhir bulan ini. Dia merasa pemain berumur 24 tahun belum siap untuk melakoni pertarungan internasional bersama The Three Lions.

Baru Sembuh dari Cedera

John Stones memang sedang tidak berada dalam kondisi terbaik. Dia baru saja pulih dari cedera yang dialaminya pada awal Maret 2019 lalu, kala membela Manchester City di pertarungan melawan Bournemouth di partai lanjutan Liga Primer Inggris 2018/2019. Nama Stones sempat masuk dalam daftar pemain The Citizens untuk laga melawan vs Schalke pada duel leg ke-2 babak 16 besar Liga Champions di Etihad Stadium, Rabu, 13 Maret 2019, namun ia tidak bermain dan hanya jadi penghangat bangku cadangan pada pertandingan yang berhasil dimenangkan tuan rumah lewat skor 7-0 tanpa balas tersebut. Alasan inilah yang kemudian mendasari harapan Josep Guardiola agar anak asuhnya tidak memenuhi panggilan Timnas Inggris.

“Stones belum siap, jadi mudah-mudahan saja dia tidak datang ke timnas. Dia tidak siap untuk bermain, dia cedera,” kata juru taktik asal Spanyol itu, sebagaimana dikutip dari Goal International.

“Stones sudah berusaha dalam dua hari terakhir sebelum kami melawan Schalke, namun kondisinya tetap tidak bagus. Kami melakukan tes hari ini, dan dia merasa tidak nyaman. Karena alasan itu dia tidak berlatih bersama tim dalam dua hari terakhir,” tambahnya.

“Ini bukan cedera yang parah, dia akan kembali siap dalam dua pekan ke depan. Dia akan kembali berlatih,” tutup mantan penukang FC Barcelona dan Bayern Munchen tersebut.

John Stones memang merupakan salah satu bek andalan Tim Nasional Inggris. Pada Piala Dunia 2018 di Rusia lalu, peran pentingnya di barisan belakang The Three Lions bahkan hampir tak pernah digantikan oleh pelatih Garteh Southgate. Kini nama Stones kembali dipanggil untuk memperkuat Negeri Ratu Elizabeth pada babak kualifikasi Euro 2020 kontra Republik Ceko dan Montenegro, 23 dan 26 Maret 2019 mendatang.

Berikut Daftar Skuad Timnas Inggris untuk Babak Kualifikasi Euro 2020:

Kiper:

Jordan Pickford (Everton), Jack Butland (Stoke City), Tom Heaton (Burnley).

Bek:

Kieran Trippier (Tottenham Hotspur), Eric Dier (Tottenham Hotspur), Kyle Walker (Manchester City), John Stones (Manchester City), Luke Shaw (Manchester United), Trent Alexander-Arnold (Liverpool), Ben Chilwell (Leicester City), Michael Keane (Everton), Harry Maguire (Leicester City), Danny Rose (Tottenham Hotspur), James Tarkowski (Burnley).

Gelandang:

Fabian Delph (Mancheter City), Jordan Henderson (Liverpool), Dele Alli (Tottenham Hotspur), Ross Barkley (Chelsea), Ruben Loftus-Cheek (Chelsea), Declan Rice (West Ham United), Jadon Sancho (Borussia Dortmund).

Penyerang:

Harry Kane (Tottenham Hotspur), Raheem Sterling (Manchester City), Marcus Rashford (Manchester United), Callum Wilson (Bournemouth).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *