by

Berkenalan Dengan Zabivaka Menjadi Mascot Piala Dunia 2018

Kingsport – Kepala Local Organising Committee (LOC) Piala Konfederasi 2017 dan Piala Dunia 2018, Vitaly mutko tetalh memutuskan untuk menjadikan serigala Zabivaka sebagai mascot Piala Konfederasi 2017 dan Piala Dunia 2018. Hal tersebut diputuskan untuk mewujudkan keinginan anak-anak untuk menjadikan moskot di turnamen tersebut.

Zabivaka Adalah Serigala Rusia

Zabivaka

Zabivaka merupakan perwujudan dari seekor serigala Rusia yang berbulu coklat. Dalam setiap penokohannya serigala ini menggunakan kaos berwarna putih dan warna biru. Di kaosnya terdapat tulisan ‘Rusia 2018’ dan menggunakan celana pendek berwarna merah.

Sebagai mascot pada Piala Konfederasi 2017 dan Piala Dunia 2018 menggambarkan nilai-nilai yang dianut oleh Rusia, agar para penonton Piala Dunia 2018 dapat memahami keberadaannya. Dari sisi lain Zabivaka menggambarkan sosok yang mempunyai mimpi untuk menjadi seorang pemain sepak bola yang terkenal dikemudian hari.

Selain itu dengan adanya Zabivaka, juga menunjukkan harapan untuk member nilai-nilai positif. Mascot ini tidak lahir dengan sendirinya, melainkan lahir dari seorang mahasiswi  desain yang bernama Ekaterina Bocharova. Melalui tangan kreatif mahasiswi yang berusia 21 tahun ini, lahirlah Zabivaka dan dikenal banyak orang.

Bocharova menjelaskan bahwa ide itu muncul setelah dirinya melihat banyak orang menilai kalau beruang merupakan satu-satunya satwa yang menjadi ciri khas Negara Rusia. Tetapi anggapan itu ternyata salah, di Rusia banyak sekali ditemukan Serigala daripada beruang.

Dari situlah Bocharova mendapatkan ide untuk mengubah persepsi semua orang mengenai serigala dan beruang yang ada di Rusia. Dirinya mengikuti acara lomba desain logo Piala Konfederasi 2017 dan Piala Dunia 2018. Bocharova merasa kalau ini momen yang tepat untuk mengubah persepsi semua orang, kalau serigala jauh lebih tepat sebagai mascot daripada beruang.

Acara lomba tersebut dilakukan melalui situs FIFA. Selain serigala, ternyata terdapat dua binatang yang masuk nominasi. Binatang tersebut adalah macan (Siberia) dan kucing(Siberia). Acara lomba tersebut diikuti oleh seluruh pelajar dan mahasiswa/mahasiswi di Negara Rusia. Hal tersebut mengingat keberhasilan LOC Piala Dunia Brasil 2014.

Sehingga terpilihlah Zabivaka sebagai mascot Piala Dunia 2018. Pihak penyelenggara pun mulai menciptakan kampanye untuk membuat banyak pihak tertarik terhadap penyelenggaraan Piala Dunia 2018 di Rusia dan tak lupa untuk memperkenalkan Zabivaka sebagai mascotnya.

Related Post

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed