by

Bukan Trio Firmansah, Garcia Sebut Van Dijk Pemain Terpenting Liverpool Musim Ini

Bekas gelandang Liverpool periode 2004-2007, Luis Garcia, berpendapat bahwa Virgil van Dijk adalah sosok yang sebenarnya paling penting bagi The Reds dalam upaya mereka meraih gelar juara Liga Primer Inggris 2018/2019, bukan trio Firmansah (Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Mohamed Salah) seperti yang banyak orang anggap.

Tak bisa dipungkiri, keberadaan Van Dijk memang menjadi jaminan kokohnya lini belakang skuad asuhan pelatih Jurgen Klopp musim ini, terkhusus di pentas Liga Primer Inggris 2018/2019. Berkat ketangguhan bek asal Belanda tersebut, Liverpool sukses mencatatkan 17 clean sheet, bahkan hanya kebobolan 18 kali saja dari 31 laga yang sudah mereka mainkan, atau paling sedikit ketimbang 18 tim lainnya. Tak heran jika Van Dijk pun disebut-sebut sebagai salah satu kandidat terkuat dalam perebutan gelar individu PFA Player of the Year.

Bantu Liverpool Puncaki Klasemen

Dikatakan Garcia, berkat Van Dijk jugalah sejatinya Liverpool sanggup memuncaki papan klasemen sementara Liga Primer Inggris musim ini. Kehebatan bek 27 tahun dalam menjaga pertahanan membuat pemain The Reds lainnya leluasa melancarkan serangan brutal ke lini belakang lawan.

“Van Dijk membuat segalanya terlihat mudah bagi Liverpool. Saya pikir dia adalah salah satu pemain top yang dibutuhkan oleh tim mana pun. Bukan cuma karena cara bermainnya, tetapi juga karena kepribadian serta karakter yang ia bawa di atas lapangan,” beber Luis Garcia, sebagaimana dikutip dari Sky Sports.

Pemain Langka

Lebih jauh, Garcia menyebut Van Dijk sebagai pemain langka. Selain tangguh menjaga lini pertahanan, bekas personel Southampton itu juga memiliki kemampuan positioning yang sangat baik, dan sanggup mengendalikan tempo permainan tim.

“Terkadang dia memimpin dari belakang jika dia ingin bermain cepat atau lambat. Jujur saja, sangat sulit menemukan pemain seperti Van Dijk, dan itu sebabnya dia begitu penting bagi Liverpool yang tengah menantang gelar musim ini,” tandas pria Spanyol berumur 40 tahun tersebut.

Situasi Liverpool di Papan Klasemen

Hingga pekan ke-31, Liverpool yang sudah genap menunaikan 31 pertandingan termaktub berada di posisi puncak klasemen sementara Liga Primer Inggris 2018/2019 dengan perolehan 76 poin, unggul 2 angka dari Manchester City yang mengekor dari peringkat runner up lewat 30 laga. The Reds akan melanjutkan perjalanan menuju gelar mereka dengan menjamu Tottenham Hotspur di Anfield Stadium pasca jeda internasional nanti, Minggu, 31 Maret 2019.

Related Post

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed