by

Bulu Tangkis Asian Games 2018: Jonatan Christie Sukses Tumbangkan Unggulan Pertama

Pertandingan cabang olahraga bulutangkis Asian Games 2018 nomor individual kembali dilanjutkan hari Jumat, 24 Agustus 2018 kemarin di Istora Gelora Bung Karno. Sebanyak 6 atlet bulutangkis Indonesia turun untuk melakoni laga di babak 32 besar dan 16 besar. Ada sebuah kejutan positif yang ditunjukkan oleh pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie.

Pria yang akrab disapa Jojo itu kemarin menjalani pertandingan babak 32 besar dan harus langsung bertemu dengan tunggal putra unggulan pertama asal Tiongkok, Shi Yuqi. Jojo tampil begitu meyakinkan hingga sukses meraih kemenangan atas Shi Yuqi lewat pertarungan sengit 3 set.

Sejak berlangsungnya pertandingan set pertama, baik Jonatan maupun Shi Yuqi saling kejar mengejar dalam perolehan poin hingga akhirnya disudahi oleh Jonatan dengan kemenangan tipis 21-19. Jalannya pertandingan di set kedua berjalan tak jauh berbeda dengan set pertama, perolehan poin terus saling mengejar. Akan tetapi sayangnya jojo harus menyerah dengan skor ketat 19-21. Kemenangan di babak 32 besar pun dipastikan oleh Jonatan setelah berhasil mengunci set ketiga dengan kemenangan skor 21-17.

Jelas ini menjadi modal yang matang untuk Jonatan di babak 16 besar. Mengalahkan pemain unggulan pertama adalah sebuah kebanggakan yang pasti akan memberi suntikan semangat bagi Jonatan menyelesaikan laga-laga di babak berikutnya dengan hasil yang juga membanggakan.

Jonatan sendiri ternyata sempat tidak percaya kalau dirinya mampu pulangkan unggulan pertama di pertandingan perdananya dalam nomor perseorangan Asian Games 2018. Ia sempat pasrah apapun yang menjadi hasil akhir saat kontra Shi Yuqi, karena memang Jonatan tahu seperti apa kualitas yang dimiliki tunggal putra terbaik Tiongkok itu.

Namun ternyata perjuangan besar Jonatan berbuah manis. Mengunci kemenangan di set pertama memotivasi dirinya untuk menyelesaikan laga hingga akhir dengan hasil kemenangan. “Saya sebetulnya sempat pasrah dengan apapun hasilnya. Saya akui kalau pebulutangkis China memang tangguh. Akan tetapi saya terus berjuang semaksimal mungkin supaya dapat meraih yang terbaik. Puji Tuhan, saya harus bersiap lebih saat letih menghadapi pemain China. Tipe pemain China memang kuat-kuat, jadi saya memang harus siap untuk menghadapi hal itu” terang Jonatan pasca bertanding.

Kemenangan Jonatan dari Shi Yuqi ini tentu menjadi sebuah pembalasan atas rekannya, Anthony Sinisuka Ginting yang dikalahkan pada final beregu putra. Kala itu Ginting menyerah dengan skor sangat tipis karena ia memutuskan mundur usai mengalami kram hebat pada kakinya.

Selanjutnya di babak 16 besar, Jonatan akan menghadapi wakil dari Thailand, Khosit Phetpradab. Ginting juga berhasil melaju ke babak 16 besar setelah kemarin mengalahkan wakil Iran. Pada babak 16 besar, Ginting sudah ditunggu unggulan kedua asal Jepang, Kento Momota.

Related Post

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed