by

Latar Belakang Danny Guthrie Gelandang Mitra Kukar Kalimantan Timur

Mantan gelandang Newcastle dan Liverpool Danny Guthrie telah bergabung bersama Mitrak Kukar di Indonesia Liga, berbarengan dengan kepergian mantan rekannya di Liverpool Mohamed Sissoko dari Mitra Kukar. Pada laman facebook Mitra Kukar diposting jelas foto Guthrie berseragam Biru Putih BlackBurn Rovers dan sedang menjalani medical check-up pada Januari 2018 lalu.

Ketika menjalani kesepakatan ini Danny Guthrie sedang tidak berada di kontrak manapun, penampilan terakhirnya adalah bersama Blackburn Rovers tahun lalu.

“Mudah-mudahan kehadirannya dapat memberikan kontribusi yang positif untuk dapat mendorong Mitra Kukar naik ke posisi yang lebih baik musim ini” ujar salah seorang komentar di facebook.

Sedangkan rekan terdahulunya Sissoko mungkin kurang berhasil dalam kontribusinya terhadap tim, karena Mitra Kukar harus berakhir di peringkat ke-10 di musim 2017.

Yang kebetulan Sissoko mendapat tawaran untuk pindah ke Atletico San Luis di Mexico, maka posisinya di tengah digantikan oleh Danny Guthrie.

Klub dan fans pastinya berharap banyak dari Guthrie yang saat ini sudah berusia 30 tahun untuk dapat setidaknya berprestasi seperti yang Michael Essien dan Peter Odemwingie lakukan.

Mantan Pemain West Bromwich Albion dan Pemain Timnas Nigeria Odemwingie berhasil mendapatkan perhatian lebih dari publik karena penampilannya yang menawan untuk Madura United. Begitu pula dengan Essien yang membaur dengan baik di Persib Bandung, hanya mungkin Carlton Cole dan Didier Zokora yang kurang bernasib baik di Liga Indonesia, sehingga lebih memilih untuk hengkang sebelum musim berakhir.

Dalam sejarah singkat, Guthrie memulai karir bersama Liverpool, yang juga pertama kalinya ia bertemu dengan SIssoko. Tak lama berselang, dirinya dipinjamkan ke Southampton dan Bolton Wanderers, tempat ia mendapatkan banyak pengalaman di Liga Inggris hingga piala UEFA.

Courtesy Goal.com

Hingga 2008, Kevin Keegan membawa Guthrie ke Newcastle United untuk sebuah kontrak permanen, disini adalah puncak karirnya bermain di Liga Inggris sampai pada saat 2012 dirinya pindah ke Reading yang baru saja naik dari divisi 2 ke divisi 1. Ia bermain selama 3 tahun sampai akhirnya harus pindah lagi ke Blackburn Rovers di 2015.

Kado istimewa terakhirnya untuk Blackburn Rovers adalah sebuah gol yang ia ciptakan ketika berhasil mengalahkan Brentford City 3-1 di 2016-17.

Courtesy Bolasport.com

Beberapa bulan berselang tinggal di Indonesia, Danny Guthrie nampak nyaman dan betah tinggal di Indonesia, meski Mitra Kukar belum mengalami perubahan yang cukup berarti semenjak kedatangannya, namun perjalanan masih panjang.  Foto diatas nampak Guthrie mengenakan kostum Timnas Indonesia beserta pasportnya. Mungkinkah ia menjadi salah satu naturalisasi di Indonesia, kita tunggu kabar baiknya.

Sumber : http://www.espn.com/

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed