by

Deco: Tak Ada Ronaldo, Wajar Bila Real Madrid Menderita

Lemahnya prestasi Real Madrid di musim ini diklaim sebagai suatu hal yang wajar bagi eks bintang Barcelona, Deco. Terlebih, bila mengingat klub itu baru saja kehilangan salah satu sosok pemain yang sangat diandalkan, Cristiano Ronaldo.

Seperti yang telah diketahui, Ronaldo lebih memilih untuk menghentikan kariernya dalam membela Los Merengues yang sudah berjalan beriringan dengannya untuk sembilan musim. Selama waktu tersebut, Ronaldo pun menjadi salah satu primadona yang sulit untuk digantikan, lantaran sudah berhasil mendatangkan banyak gelar bagi klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu itu.

Di pasar bursa transfer musim panas lalu, Ronaldo memutuskan untuk hijrah ke Italia dan bergabung dengan klub raksasa disana, Juventus. Dirinya pun kembali menunjukkan kebolehannya dan sukses mencetak 7 gol dalam 11 pentas di Serie A.

Perginya sang bintang itu dianggap sebagai penyebab runtuhnya Real Madrid di musim ini. Ketika masih berada di bawah asuhan Julen Lopetegui, bahkan El Real pun sempat melewati enam pertandingan tanpa mendapatkan kemenangan sama sekali.

Pemandangan yang amat menyedihkan itupun tak luput dari perhatian Deco, yang sudah menghabiskan empat musim kiprahnya bermain di Barcelona. Dari pandangan Deco, Real Madrid tanpa Ronaldo tidaklah sama dengan yang dulu.

“Saya tidak ingin mendiskusikan apakah mereka [Madrid] bermain baik atau buruk, tapi apakah publik benar-benar meyakini bahwa mereka akan tetap sama tanpa Cristiano? Dia adalah pemain terbaik dalam sejarah Madrid, dan wajar bila tim itu menderita,” terang Deco kepada Sport.

Real Madrid dinilai memerlukan proses adaptasi usai kehilangan sosok Ronaldo, dan situasi yang sama pun diyakini juga akan terjadi kepada Barcelona jika suatu saat nanti Lionel Messi memutuskan untuk pensiun. Tentang hal ini, Deco mempunyai pandangan yang berbeda.

“Saya tidak tahu, namun ada perbedaan: Kejadian Cristiano cukup mendadak, tidak secara alami, tak berakhir secara perlahan dan itulah yang membuat klub tidak siap,” jelasnya.

Beberapa waktu yang lalu, Messi sempat menyatakan dirinya akan menghabiskan karier di klub masa kecilnya, yakni Newel’s Old Boys. Namun, dirinya belum memutuskan kapan akan angkat kaki dari gemerlapnya dunia sepak bola.

Related Post

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed