by

E-Sports Dipertandingkan di Asian Games 2018, Mengapa AoV Lebih Dipilih ketimbang Mobile Legends?

Sebagaimana kita tahu bahwa Arena of Valor atau AoV telah diputuskan untuk dapat berpartisipasi di Asian Games 2018 dalan cabang Olahraga e-sports yang akan dipertandingkan. Namun di Asian Games kali ini memang masih dalam laga eksibisi saja untuk cabang olahraga e-sports yang artinya adalah medali yang diperebutkan tidak dihitung namun dimasa yang akan datang mungkin akan kembali mengalami perubahan untuk cabang olahraga ini.

Arena of Valor, Pro Evolution Soccer, League of Legends, Clash Royale, Hearthstone dan Starcraft 2 adalah 6 game yang akan dipertandingkan di Asian Games 2018 Jakarta Palembang. Namun kali ini kita akan membahas alasan mengapa Arena of Valor lebih dipilih daripada Mobile Legends yang sudah merajalela di dunia.

Yang pertama adalah kalahnya jumlah pemain. Mobile Legends mungkin sangat merjalela di Indonesia namun tidak begitu jika diperhitungkan di seluruh dunia. Dikutip oleh salah satu portal berita di Indonesia pada desember 2017, Arena of Valor memiliki sekitar 200 juta pemain aktif yang tersebar di seluruh dunia yang sebagian besar berasal dari China. Sementara itu Mobile Legends hanya memiliki 43 juta pemain aktif saja yang berada di Asia Tenggara dan sebagian besar di Indonesia.

Alasan selanjutnya adalah tuntutan riot games pada moonton. Masalah yang menjegal Mobile legends sejauh ini adalah soal tuntutan plagiarisme oleh developer League of legends, Riot Games. Pihak Riot Games mendakwa Moonton selaku game developer mobile legends telah mengambil banyak elemen League of Legends ke dalam Mobile Legends: Bang Bang.

Dan alasan terakhir adalah AoV dianggap lebih profesional dalam penyelenggaraan turnamen selama ini. Mobile Legends dan Arena of Valor sama-sama sering mengadakan turnamen dengan skala besar di Indonesia. Meski begitu, turnamen yang diselenggarakan oleh kedua game ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Belum terstrukturnya turnamen Mobile Legends menjadi masalah bagi perkembangan game ini.

Arena of Valor jusru memiliki struktur turnamen resmi dari amatir sampai profesional. Asian Games juga akhirnya lebih memilih AoV daripada mobile legends karena turnamen mobile legends hanya memiliki animo yang besar di Indonesia saja sedangkan Arena of Valor sudah memiliki kompetisi rutin di 85 negara di seluruh dunia.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed