by

Emery Dinilai Sukses Keluarkan Arsenal dari Masa-masa Kelam Bersama Wenger

Mantan bek sayap legendaris Arsenal, Nigel Winterburn, mengaku optimistis akan masa depan raksasa London Utara di bawah kendali pelatih anyar mereka, Unai Emery. Dia menilai juru taktik asal Spanyol sejauh ini sudah cukup berhasil membawa The Gunners menyosong era baru, keluar dari masa-masa kelam mereka bersama sang mantan perancang strategi, Arsene Wenger, di beberapa musim terakhir.

Beda Arsenal di Bawah Kepelatihan Wenger dan Emery

Kendati sempat menapaki puncak kejayaan luar biasa bersama Arsene Wenger, termasuk meraih gelar juara Liga Primer Inggris tanpa terkalahkan alias invincible pada musim 2003/2004 silam, namun Arsenal juga seringkali mengalami keterpurukan di bawah komando juru taktik legendaris asal Prancis tersebut, terutama di beberapa tahun terakhir kepelatihannya. The Gunners tercatat dua kali finis luar posisi 4 besar Premier League secara beruntun.

Namun begitu, Arsenal tampak berbeda di bawah asuhan Unai Emery. Kendati masih belum sepenuhnya konsisten, tetapi mereka sanggup meraih banyak hasil positif di musim kompetisi 2018/2019. Selain menembus babak perempat final Liga Eropa, Meriam London juga sukses menduduki peringkat 4 besar klasemen sementara Liga Primer Inggris dengan perolehan 60 poin, tertinggal 1 angka saja dari Tottenham Hotpsur yang menghuni posisi 3, dan unggul 2 angka dari Manchester United yang mengekor di urutan ke-5.

Optimisme Winterburn

Meski sejatinya masih butuh perjuangan keras, namun sederet fakta positif itu cukup membuat Nigel Winterburn optimistis akan masa depan tim yang diperkuatnya pada periode 1987-2000 tersebut, di bawah komando Unai Emery.

“Kami sedang berada di era yang baru untuk Arsenal. Sejak pindah ke Stadion baru, mereka seringkali kesulitan untuk bersaing. Ya, Arsenal berhasil memenangkan FA Cup (2016/2017), namun itu jauh setelah gelar Premier League (2003/2004). Jujur saja, rasanya seperti tak nyata,” kata Nigel Winterburn, sebagaimana dikutip dari TalkSPORT.

Banyak Hal-hal Baru

Pria berumur 55 tahun lantas mengaku melihat ada banyak kebaruan yang disuguhkan Emery untuk Arsenal saat ini, yang diiringi tekad kuat para punggawa serta dukungan hebat dari para suporter. Winterburn pun kian percaya bahwa suatu saat The Gunners akan kembali ke puncak kejayaannya.

“Mungkin akan sulit bagi Arsenal untuk kembali ke jajaran elit. Namun saya melihat ada beberapa skenario berbeda dari Unai Emery, seperti pemilihan tim, formasi, pergantian pemain pada jeda pertandingan. Dan terpenting, tim terlihat lebih solid, tampak memiliki dorongan yang lebih kuat. Ada perasaan yang sangat bagus di sekeliling Stadion, yang mana itu tak pernah ada di sana pada musim lalu,” tutup Winterburn.

Sebagai catatan, pada penghujung musim 2017/2018 lalu, banyak kursi di Emirates Stadium kosong lantaran para penggemar Arsenal mulai jengah dengan rentetan hasil minor yang ditelan tim kesayangan mereka. Namun, hal tersebut perlahan membaik seiring kembalinya taji Meriam London di bawah asuhan bekas pelatih Paris Saint-Germain.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed