by

Jelang Piala AFC U-19, Rumput Stadion Gelora Bung Karno Sedang Disorot

Tiga Venue sudah dipersiapkan untuk ajang Piala Asia U-19 yang nantinya akan dihelat pada tanggal 18 Oktober 2018 mendatang. Dari ketiga tempat tersebut, tantangan yang paling besar yaitu membuat Stadion Utama Gelora Bung Karno atau yang biasa disebut dengan SUGBK,  bisa  secara tepat waktu siap untuk dipakai di ajang bergengsi tersebut.

Tidak hanya Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta saja, Indonesia pun juga sudah memersiapkan Stadion Patriot Candrabhaga yang ada di Bekasi serta Stadion Pekansari yang ada di Kabupaten Bogor. Ketiga stadion itu akan menjadi lokasi tempat digelarnya empat grup babak penyisihan.

Dari persiapan yang dilakukan itu pun tentu tidak bebas dari kendala yang harus dihadapi. Kali ini, kendala justru datang dari SUGBK. Stadion yang paling megah di Indonesia itu masih digunakan untuk multiajang Asian Para Games 2018, khususnya cabang olahraga atletik.

Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, menyebutkan bahwa dari pihaknya harus terus melakukan koordinasi dengan Pusat Pengelola Komplek GBK. Begitu pula dengan petugas dari AFC yang beberapa hari dewasa ini sudah berada di Jakarta.

“Semuanya sudah siap, kecuali rumput di GBK. Soal rumput GBK ini kami berterima kasih kepada pengelola. Mereka bahu-membahu menyiapkan kondisi rumput terbaik, walaupun nanti hanya punya waktu empat hari mulai 13 Oktober,” terang Tisha.

Menurutnya, vendor dan pengelola yang sudah ditunjuk akan bekerja dengan cepat untuk bisa melakukan perbaikan bagi rumput SUGBK itu. Pihak AFC pun juga terus melakukan pemantauan untuk kondisi rumput disana, agar semuanya dapat sesuai dengan standar yang sudah dipersyaratkan.

Tisha juga menerangkan bahwa tidak ada pilihan memindahkan venue laga dari SUGBK. Stadion yang memiliki besar kapasitas sebanyak 77.193 penonton tersebut tetap menjadi salah satu tempat yang digunakan untuk penyelenggaraan.

“Perubahan venue tidak lazim terjadi dalam kejuaraan internasional. Kalaupun pindah, mau pindah ke mana? Intinya tiga stadion ini sudah siap untuk Piala AFC U-19, kecuali GBK yang masih menunggu sampai Asian Para Games selesai,” tegasnya.

Related Post

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed