by

Jepang Matikan Harapan Timnas Indonesia U-19 Maju Piala Dunia 2019

Harapan Timnas Indonesia U-19 untuk bisa melenggang ke Piala Dunia U-20 kandas usai menyerah dari Timnas Jepang U-19 dengan skor 0-2 di laga perempat final Piala Asia U-19 2018. Pertandingan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno hari Minggu malam, 928/10) itu sudah tampak didominasi oleh Tim Samurai Biru Muda sejak awal pertandingan. Bahkan, situasi ini sampai memaksa Indonesia untuk tampil bertahan pada babak pertama. Lini kiri Timnas Indonesia menjadi sisi yang kerap terkena sasaran eksploitasi rival.

Jepang sudah sempat membungkam supporter Indonesia ketika Daiki Hashioka sukses membobol pertahanan gawang Muhammad Riyandi melalui sundulan cantiknya di menit ke-11. Namun, gol itu dianulir oleh wasit Mooud Bonyadifard lantaran dianggap offside.

Timnas Indonesia sempat nyaris membuka keunggulan saat pertandingan berjalan sampai menit ke-36 melalui serangan balik cepat. Adalah Hanis Saghara, yang melepaskan umpan kepada Saddil Ramdani pada sisi kiri kotak penalti rival. Namun sayang, tendangan yang dilakukan Saddil masih melenceng dan melayang ke sisi kiri gawang Kosei Tani.

Timnas Jepang tampak bermain dengan lebih sabar untuk bisa membongkar pertahanan kuat yang disusun Indonesia, hingga pada akhirnya pun membuahkan hasil pada menit ke-40. Tendangan dari jarak jauh Highashi Shunki dari luar kotak penalti dan akhirnya mampu bersarang di pojok kiri gawang yang dijaga Riyandi.

Indonesia sempat mencoba untuk mengambil inisiatif dengan melancarkan serangan pada babak kedua. Luthfi Kamal berupaya untuk melepas tendangan keras dari luar kotak penalti saat menit ke-52, sayangnya bola masih belum tepat sasaran.

Perjuangan putera Indonesia untuk bisa menyamakan kedudukan pun tampak semakin berat sejak Jepang berhasil menggandakan skor unggulnya menjadi 2-0 pada menit ke-70. Memperoleh umpan cerdas di kotak penalti, Taishei Miyashiro sukses jebolkan gawang Riyandi.

Dengan ketertinggalan dua gol dari Jepang ini pun memaksa Indonesia untuk tampil lebih agresif. Sayangnya, beberapa peluang cantik gagal untuk dimanfaatkan. Pada akhirnya, Tim Merah Putih harus mengakui akan keunggulan Jepang dengan skor 0-2 di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Dengan begitu pun, Timnas Indonesia U-19 gagal mewujudkan mimpi untuk bisa maju ke Piala Dunia U-20 di Polandia tahun 2019 mendatang.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *