by

Klub Inggris Dominasi UCL, Southgate Khawatir Timnas Gagal Akhiri Puasa Gelar

Sukses empat wakil English Premier League (EPL) menembus babak perempat final Liga Champions 2018/2019 tak lantas membuat juru taktik Tim Nasional Inggris, Gareth Southgate, merasa senang. Dia justeru cemas lantaran jadwal final kompetisi antar-klub elit Eropa tersebut hanya berselang lima hari dengan jadwal semifinal UEFA Nations League, yang mana itu berpotensi merugikan The Three Lions andai salah satu di antara Manchester City, Liverpool, Manchester United, dan Tottenham Hotspur, ada yang berhasil menembus fase puncak.

Partai pamungkas Liga Champions 2018/2019 akan digelar pada tanggal 2 Juni 2019 mendatang, sementara semifinal UEFA Nations League berlangsung pada tanggal 7 Juni 2019 atau lima hari setelahnya. Timnas Inggris sendiri akan berhadapan dengan Belanda pada fase tersebut, yang rencananya dihelat di Portugal, Stadion D. Afonso Henriques.

Bisa Merusak Mimpi Inggris

Ditegaskan Southgate, jika satu atau dua di antara Manchester City, Liverpool, Manchester United dan Tottenham Hotspur terus melaju ke babak final Liga Champions 2018/2019, maka sudah barang tentu para pemain Timnas Inggris yang membela klub-klub tersebut terancam absen atau tidak maksimal mengikuti agenda pemusatan latihan The Three Lions yang berlangsung pada akhir bulan Mei mendatang.

Southgate sendiri memanggil sebanyak 13 pemain dari kuarter klub peserta Liga Champions 2018/2019 untuk jeda international Maret 2019. Jika mereka berhalangan hadir, pelatih berumur 48 tahun khawatir mimpi Inggris untuk bisa menyudahi puasa gelar sejak Piala Dunia 1966 silam kandas begitu saja.

“Ini bisa berantakan. Katakanlah ada dua tim Inggris yang tembus ke final Liga Champions, maka kami jelas tidak akan melihat para pemain yang terlibat di sana sampai hari Senin. Padahal, kami harus bermain di hari Kamis,” kata Gareth Southgate kepada salah satu surat kabar di Inggris.

“Timnas Inggris sudah berada di semifinal. Ini adalah peluang terbaik kami untuk bisa memenangi sesuatu, namun nyatanya kami tidak bisa menurunkan tim terbaik yang ada,” keluh dia.

“Ditambah dengan euforia selepas pertandingan (final Liga Champions) tersebut, apakah para pemain secara realistis siap bermain untuk kami pada Kamis malam? Saya tidak bisa menyalahkan pemain, apalagi kompetisi. Namun saya khawatir ini akan berantakan,” tandasnya.

Sebagai informasi, Gareth Southgate baru saja merilis daftar 25 nama pemain yang dipanggil untuk memperkuat Timnas Inggris pada dua pertarungan Internasional terdekat, tepatnya babak Kualifikasi Piala Eropa 2020 kontra Republik Ceska dan Montenegro pada akhir Maret 2019 ini.

Berikut Daftar Lengkap Skuad Tim Nasional Inggris untuk Kualifikasi Piala Eropa 2020:

Goalkeeper:

Jack Butland (Stoke City), Tom Heaton (Burnley), Jordan Pickford (Everton)

Defender:

Eric Dier (Tottenham Hotspur), Kieran Trippier (Tottenham Hotspur), Kyle Walker (Manchester City), John Stones (Manchester City), Luke Shaw (Manchester United),Trent Alexander-Arnold (Liverpool), Ben Chilwell (Leicester City), Michael Keane (Everton), Harry Maguire (Leicester City), Danny Rose (Tottenham Hotspur), James Tarkowski (Burnley)

Midfielder:

Fabian Delph (Mancheter City), Ross Barkley (Chelsea), Dele Alli (Tottenham Hotspur), Declan Rice (West Ham United), Jadon Sancho (Borussia Dortmund), Ruben Loftus-Cheek (Chelsea), Jordan Henderson (Liverpool)

Striker:

Marcus Rashford (Manchester United), Harry Kane (Tottenham Hotspur), Raheem Sterling (Manchester City), Callum Wilson (Bournemouth)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed