by

Legenda Motif Kotak-Kotak Milik Timnas Kroasia

Sebentar lagi motif kotak-kotak akan lebih sering menghiasi sosial media anda, masih hangat dalam suasana kemenangan tim underdog Kroasia, yang berhasil meraih posisi runner up di Rusia kemarin. Negara yang tidak memilik prestasi sebesar negara-negara tetangga lainnya di Eropa ternyata memiliki keahlian yang lebih di dunia sepak bola. Namun yang unik dari Timnas Kroasia adalah konsistensi terhadap jersey yang mereka kenakan dari tahun ke tahun.

Semua atribut menggunakan motif itu, mulai dari bendera, kupluk, syal, baju, celana, kaus kaki, hingga sepatu. Untuk mereka yang menjadi fans berat Timnas Kroasia, motif merah putih kotak-kotak itu adalah sebuah keharusan. Pertanyaannya, apakah ini semata-mata murni untuk menjadi ciri khas dalam busana, atau memang ada hal lain di dalam nya.

Dan ternyata menurut legenda, motif ini memang memiliki sejarah, motif kotak-kotak yang identik dengan papan catur memang benar adanya dijadikan simbol untuk mengenang peristiwa itu. Legenda tersebut adalah ketika zaman dahulu kala ketika seorang Raja Kroasia yang bernama Drzilav, yang menjadi tawanan perang musuhnya Kerajaan Dalmatia ketika perang besar sedang berlangsung. Ia ditawan oleh Dalmatia dan dikurung di dalam penjara bawah tanah. Dalam masa penantiannya Drzilav tidak patah semangat,

ia justru terhindar dari berbagai siksaan yang menanti dengan menantang salah seorang dari Kerajaan Dalmatia yang dapat mengalahkannya bermain catur. Namun sebagai imbalannya bila ia tidak terkalahkan dalam 3 pertandingan berturut turut. Maka ia berhak untuk dibebaskan. Dan keajaiban datang bersama nya, ketika ia berhasil memenangkan pertandingan tersebut dan mendapatkan kebebasannya sebagai sandera.

Artikel Lain : Langkah Baru Menjual Jersey Nike, Bisa Menyelamatkan Bumi

Dan untuk mengenang peristiwa ini, ia menambahkan motif kotak-kotak di lambang kerajaannya. Sampai saat ini masih digunakan untuk simbol negara secara resmi. Terdapat 25 motif kotak-kotak dalam emblem berbentuk perisai pada bendera Kroasia saat ini.

Bila diperhatikan dengan seksama, pada lambang perisai tersebut, ada 5 buah lagi perisai berbentuk seperti mahkota dengan masing-masing icon berbeda-beda. Lambang tersebut berasal dari zaman kuno ras Slavic dan itu adalah simbol yang mereka gunakan. Polandia yang juga memiliki keturunan bangsa Slavic juga masih menggunakan beberapa simbol tersebut.

Hikmah yang dapat diambil adalah bahwa negara yang baik adalah negara yang tetap menjunjung tinggi sejarah bangsa nya, meski tak semua hal memiliki latar belakang yang pasti, namun sebuah kisah di masa lalu dapat kiranya menjadi sesuatu yang diyakini dan dihayati oleh seluruh generasi saat ini dan setelah ini.

Sumber : croatia-times

Related Post

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed