by

Lippi Dukung Mancini Mainkan Pemain Muda

Keberadaan pemain senior dalam sebuah tim terutama tim nasional memang sangat penting. Tak bisa di pungkiri jika pemain senior mampu memberikan kepercayaan diri kepada para pemain muda.

Selain itu dengan segudang pengalamannya, pemain senior juga bisa memberikan ketenangan di atas lapangan serta memberikan motivasi pemain lainnya. Namun di tubuh tim nasional Italia kini, hanya tersisa sedikit pemain senior. Hal ini karena pelatih Roberto Mancini lebih suka memberikan kesempatan kepada pemain muda. Tindakan Mancini ini mendapat pujian dari rekan senegaranya, Lippi.

“Saya suka Italia versi Mancini. Roberto bekerja sangat bagus dengan memilih fokus pada para pemain muda. Ia bahkan meminta klub-klub untuk memberikan ruang lebih kepada mereka (pemain muda). Itu sama dengan filosofi saya di China. Contohnya jelas terlihat pada (Nicolo) Zaniolo.

“Setelah Mancini memanggil pemain berbakat ini, dia langsung mendapat kesempatan lebih besar di Roma. Kemudian ada Federico Chiesa, Nicolo Barella, Lorenzo Pellegrini, Bryan Cristante, yang semuanya punya prospek sempurna. Ada pemain berkualitas di luar sana, tapi mereka harus dipercaya untuk bermain lebih banyak. Hasilnya akan datang untuk Azzurri, saya yakin itu,” ujar Lippi.

Kegemaran Mancini untuk memainkan pemain muda pada tubuh tim nasional Italia memang tak terlepas dari terpuruknya timnas Italia beberapa tahun belakangan ini.

Salah satu penyebab utama menurunnya performa timnas Italia setelah memeangi piala dunia tahun 2006 adalah karena kurag berjalannya regenerasi tim. Bahkan pada kompetisi piala dunia 2016, tim nasional Italia sempat menyandang gelar sebagai tim dengn rata rata umur tertua.

Dan kini di era Mancini, beberapa pemain senior yang memegang peran sentral dalam tim sedikit demi sedikit mulai dikurangi. Bahkan salah satu legenda hidup tim nasional Italia, Gianluigi Buffon sudah tidak lagi dibutuhkan dalam tim asuhan Mancini.

Buffon sendiri yang mengatakan hal tersebut setelah berbicara dengan Mancini dan Buffon sendiri sudah merelakan tempat utama dibawah mistar gawang Italia. Setelah tidak adanya Buffon, kini posisi kapte dijabat oleh Bonucci yang juga merupakan pemain senior dalam tim Italia.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed