by

Puyol Ragu Zidane Sanggup Ulangi Kesuksesannya di Real Madrid

Legenda hidup FC Barcelona, Carles Puyol, mengakui bahwa Zinedine Zidane merupakan salah satu juru taktik terbaik di kancah sepakbola Eropa saat ini. Namun begitu, bekas kapten El Barca ragu pria asal Prancis tersebut sanggup mengulang sukses serupa dalam comeback-nya di kursi kepelatihan Real Madrid.

Sebelum memutuskan angkat kaki dari Santiago Bernabeu pada akhir musim kompetisi 2017/2018 kemarin, Zinedine Zidane memang sempat meraih keberhasilan besar pada periode pertamanya sebagai penukang Real Madrid di tahun 2016 hingga 2018 lalu. Kala itu dia mampu mempersembahkan sebanyak 9 gelar juara bagi publik Ibu Kota Spanyol, di mana tiga di antaranya merupakan trofi Liga Champions yang diperoleh secara beruntun.

Sepeninggalan Zidane, El Real kontan mengalami keterpurukan parah di bawah kendali Julen Lopetegui dan Santiago Solari. Selain tersingkir dari pentas Copa del Rey dan Liga Champions, Los Blancos juga gagal bersaing hebat di perburuan gelar kampiun La Liga 2018/2019. Hingga jornada ke-28, Gareth Bale dkk termaktub masih tercecer di posisi 3 klasemen sementara lewat perolehan 54 poin, terpaut 12 angka dari FC Barcelona yang kokoh berdiri di peringkat puncak. Dengan kata lain, sang raksasa kini terancam harus menyudahi musim tanpa satu pun trofi. Situasi inilah yang kemudian memaksa Los Merengues mendapuk ulang Zidane sebagai penukang mereka pada tanggal 11 Maret 2019.

Keraguan Puyol

Pun demikian, comeback Zidane di kursi kepelatihan Real Madrid diragukan Puyol mampu menghadirkan sukses serupa, meski ia percaya pria berumur 46 tahun tersebut sudah berpikir matang sebelum akhirnya menerima kembali pinangan sang mantan.

“Real Madrid belum meraih sukses setelah Zidane pergi, yang lantas membuat mereka memintanya kembali. Zidane punya waktu delapan bulan untuk berpikir, merenung dan memutuskan apa yang akan dia perbuat. Tapi pertanyaan saya adalah, apakah Zidane sanggup melakukan hal yang lebih baik dari apa yang dia lakukan sebelumnya?,” kata Carles Puyol, sebagaimana dikutip dari Marca.

Debut Meyakinkan

Hanya waktu yang tentunya bisa menjawab keraguan Puyol. Namun terlepas dari hal tersebut, Zidane sendiri telah berhasil mencatatkan debut meyakinkan dalam periode ke-2nya sebagai pelatih tim utama Real Madrid, yakni dengan meraih kemenangan 2-0 atas Celta Vigo dalam jornada ke-28 La Liga 2018/2019 di Santiago Bernabeu, 16 Maret 2019 lalu. Kehebatan juru taktik berkepala plontos selanjutnya akan diuji Huesca dalam partai lanjutan ke-29 di ajang dan tempat yang sama pada Senin, 1 April 2019 mendatang.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed