by

Raih Prestasi Asian Games, Indonesia Perjuangkan Pencak Silat ke Olimpiade

Menpora RI sedang benar-benar mengupayakan pencak silat agar dapat dimasukkan ke dalam salah satu cabang olahraga yang dilombakan dalam Olimpiade. Untuk mencapai hal ini pun, Menpora sanggup untuk memenuhi berbagai syarat yang wajib ditepati.

“Kita tentu berharap agar pencak silat lolos menjadi salah satu cabang di Olimpiade. Namun syarat beserta prosesnya tentulah tidak mudah. Meski begitu, kita pun akan terus berusaha supaya bisa lolos,” ungkap Gatot S Dewa Broto selaku Sekretaris Kemenpora .

Menurut Gatot, memang ada beberapa syarat khusus sebuah cabang olahraga agar bisa dimasukkan dalam permainan di Olimpiade, dan salah satunya yang belum dimiliki pencak silat yaitu sudah pernah dipertandigkan di cabor eksibisi ajang sebelumnya. Pencak silat belum terdaftar sebagai cabor eksibisi Olimpiade 2020, sehingga kemungkinan besar bila pun cabor ini dikabulkan menjadi pertandingan di Olimpiade tetap tidak bisa ditampilkan pada Olimpiade 2020, melainkan pada Olimpiade tahun 2024.

Olimpiade 2024 akan diselenggarakan di Kota Paris, Perancis. Namun, agar bisa dimasukkan dalam olimpiade 2024, pencak silat harus mendapatkan pengakuan setidaknya dari 80 negara NOC. “Belum berhenti di situ saja, setelah mendapatkan pengakuan dari setidaknya 80 negara NOC pun nantinya masih harus diteruskan ke IOC. Jika sudah diselesaikan birokrasinya dan disepakati, maka barulah cabor Pencak Silat dapat disandingkan di Olimpiade 2024 mendatang.

Persyaratan yang ada akan segera diusahakan dengan maksimal oleh Menpora yang berkolaborasi dengan Kemenlu (Kemeterian Luar Negeri). Usaha yang dilakukan oleh kedua kementerian tersebut bahkan sudah dimulai sejak jauh-jauh hari, salah satunya dengan menyelenggarakan kegiatan ‘Pencak Silat Road Show to UNESCO’ di tahun 2014 kemarin.

“Kegiatan itu diselenggarakan sebagai salah satu usaha yang kami lakukan untuk mengenalkan atau mempromosikan pencak silat di  kancah dunia. Harapan kami pun tentu saja pencak silat dapat segera diakui oleh UNESCO sehingga nantinya pun dapat dipertandingkan di Olimpiade,” tutur Gatot.

Pada perhelatan Asian Games 2018 lalu pun Indonesia berhasil menyabet 14 emas dari 16 nomor Pencak silat yang dipertandingkan, dan ini memang merupakan prestasi terbesar Indonesia. dengan diikutsertakannya pencak silat pada Olimpiade pun, Indonesia bisa semakin unggul dalam perhelatan olahraga lainnya.

Related Post

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed