by

Recap Paruh Pertama La Liga – Part 1

DetikSport – Telah ada pemenang yang hampir pasti dari liga Spanyol saat mendekati titik tengah jalan musim ini. Ernesto Valverde. Empat bulan memasuki musim pertamanya sebagai pelatih Barcelona, ​​Valverde telah membantu tim berjuluk Blaugran pulih dari kejutan keluarnya bintang Brasil Neymar dan memimpin klasemen La Liga Spanyol.

Valverde berusia 53 tahun itu sudah dianggap sebagai salah satu pelatih top Spanyol untuk tugasnya di Athletic Bilbao, Valencia, Espanyol dan klub Yunani Olympiakos sebelum ia menggantikan Luis Enrique. Tapi dia memulai musim ini dengan kondisi paling pesimistis dari pelatih Barcelona sejak debut Pep Guardiola di tahun 2008.

Real Madrid baru saja memenangkan gelar Liga Champions dan La Liga sebelum Barcelona dibiarkan terguncang oleh kepindahan Neymar ke Paris Saint-Germain. Itu diikuti oleh dua kekalahan yang merusak moral dari Madrid di ajang Piala Super Spanyol sebagai momentuk mengangkat tirai dari kompetisi lokal. Dan dengan musim yang sedang berjalan, Ousmane Dembele – pemain depan yang ditandatangani oleh Barcelona untuk menggantikan Neymar – merobek tendon di kaki kanannya.

Tapi sementara orang lain takut akan bencana, Valverde melihat ini sebagai sebuah kesempatan. Kepergian Neymar mengakhiri trisula serangan menakutkan Barcelona dengan kini tersisa hanya Lionel Messi dan Luis Suarez. Tapi dengan gol mereka, kontribusi mereka yang tidak menentu dalam pertahanan membuat Barcelona terpaut di belakang. Valverde mengubah kerugian dari kepergian Neymar menjadi keuntungan kolektif.

Dia kembali memfokuskan tim pada kemampuan lini defensif – dengan bermain gelandang lain, atau pemain depan yang memberi tekanan lebih besar saat tim tersebut kehilangan bola. Keberhasilan mantan pemain depan Barcelona Valverde tak terbantahkan: 25 pertandingan di semua kompetisi tanpa kekalahan sejak dua leg kalah dari Madrid. El Barca juga berada di puncak klasemen Spanyol dengan beberapa gol paling sedikit kebobolan (7) dan gol terbanyak yang dicetak (45).

Dan Valverde mendapat hadiah terbesar dari semua Sabtu lalu ketika dia mengalahkan tim besutan Zinedine Zidane dalam kemenangan 3-0 di Santiago Bernabeu di Madrid.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed