by

Ribet Banget, Inilah Aturan Baru Peringkat FIFA

Buat kalian yang tidak suka mikir sebaiknya langsung saja tinggalkan artikel ini karena dijamin akan bikin kamu semua pusing. Buat kamu yang tidak suka Matematika disarankan jangan coba-coba sedikitpun untuk membaca artikel ini karena bisa menyebabkan pusing berkepanjangan. Ya memang aturan peringkat FIFA selama ini saja sudah cukup rumit namun kali ini FIFA kembali mengeluarkan peraturan baru yang jauh lebih rumit.

Mungkin sebagian kecil kita sudah tahu bahwa sebelumnya FIFA menggunakan rumus atau metode poin = (M x I x T x C) namun per Agustus 2018 metode resmi telah diterapkan dan tentu saja bagi orang-orang awam seperti kita hal ini sangatlah membingungkan dan hanya bikin rumit dan berpikir lebih baik saya tidak tahu saja deh aturan peringkat FIFA baik yang lama apalagi yang baru.

Metode baru ini lebih menekankan kepada pentingnya sebuah pertandingan. Fase gugur di liga Nasional, kompetisi benua, Piala Konfederasi dan Piala Dunia akan memiliki bobot yang lebih besar daripada fase grup pada turnamen yang sama. Lalu laga uji coba yang dilakukan diluar kalender Internasional memiliki nilai yang sedikit jika dibandingkan dengan yang dimainkan di dalam kalender Internasional.

Lupakan metode lama yang saya sebutkan tadi rumusnya karena kini telah digantikan oleh penilaian ELO yang ternyata metode ini telah digunakan di cabang-cabang olahraga lain terlebih dahulu. Jika dulu Zona Conmebol dan Eropa nilainya lebih tinggi daripada Zona Asia dan Afrika maka karena adanya peraturan baru sudah tidak ada lagi yang dispesialkan oleh FIFA.

Formula terbaru ELO adalah sebagai berikut P = Pbefore + I x (W – We), apa artinya ya, mari kita bahas satu persatu :

P = Poin

Pbefore – Poin sebelum pertandingan

I = Bobot Pertandingan

W = Hasil Pertandingan

We = Hasil pertandingan yang diharapkan

Setiap variabel dalam rumus tersebut memiliki nilai tersendiri yang masih sangat panjang untuk kita bahas dan kita ingat karena memang memiliki nilai-nilai atau poin yang berbeda. Namun baru sampai sini saja sudah banyak yang pusing, oleh sebab itu nilai setiap poinnya akan kita bahas di artikel lain bila masih ada kesempatan. Terima kasih sudah membaca.

Related Post

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed