by

Roberto Firmino Dinyatakan Tidak Bersalah dalam Insiden Rasisme Mason Holgate

DetikSport – Asosiasi Sepak Bola Inggri telah membebaskan Roberto Firmino dalam perseteruan dengan bek Everton Mason Holgate menyusul penyelidikan panjang atas penyerang Liverpool saat pertandingan Piala FA antara rival Merseyside di Anfield.

Holgate menuduh Firmino menggunakan cercaaan “istilah diskriminatif” saat kedua pemain tersebut bentrok di  putaran ketiga FA Cup pada 5 Januari. FA membuka penyelidikan keesokan harinya dan hampir tujuh minggu kemudian – setelah mewawancarai 12 pemain, wasit Bobby Madley, pejabat keempat Jon Moss dan berkonsultasi dengan dua pakar pembaca bibir dari Portugis – mengumumkan pada hari Rabu bahwa tidak ada cukup bukti untuk menuntut pemain internasional Brasil dengan pelanggaran apapun

Dalam sebuah pernyataan, FA mengatakan bahwa “tuduhan tersebut dibuat dengan keyakinan baik Holgate dan bahwa tidak ada dugaan bahwa ini adalah tuduhan palsu atau kejahatan yang disengaja”. Tapi kami tidak menemukan bukti, baik melalui pernyataan saksi atau konsultasi rekaman tak terlihat setelah Holgate mendorong Firmino ke papan iklan, untuk mendukung klaim pemain belakang Everton bahwa dia telah dianiaya secara rasial.

FA menambahkan: “Kami mengambil pernyataan dari total 12 pemain dan pejabat dari kedua tim, wasit pertandingan dan pejabat keempat. Tak satu pun dari orang-orang ini yang langsung mendengar kata-kata yang dituduhkan telah dikatakan oleh Firmino. Firmino diwawancarai secara formal oleh FA dan memberikan sebuah akun alternatif untuk kata-kata yang dituduh oleh Holgate. Firmino menyatakan bahwa dia telah menghina wasit dalam bahasa Portugis, namun menolak dengan kategoris menggunakan bahasa yang diskriminatif terhadapnya.

“Sebagai bagian dari penyelidikan, FA meminta bantuan seorang spesialis linguistik Brasil / Portugis atas kata-kata yang dituduhkan. Selain itu, kami juga memperoleh banyak sudut rekaman video, termasuk rekaman siaran yang menunjukkan kejadian tersebut, yang dinilai oleh dua pakar baca-tulis berbahasa Portugis yang independen. Bukti yang didapat dari para ahli tidak mendukung tuduhan tersebut. “

Firmino mengatakan setelah putusan FA bahwa sulit untuk tetap diam di depan umum “mengingat sifat serius dan efek merusak dari apa yang diklaim saya katakan”, namun dengan senang hati telah dibebaskan dari kesalahan apapun. “Sebagai seseorang yang telah mengalami pelecehan rasis selama hidup saya, saya tahu betapa merusak dan menyakitkan hal itu,” kata pemain depan Liverpool tersebut.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed