by

Sebuah Keuntungan di Balik Esensi yang Hilang dari Timnas Brasil

Kingsport – Sudah sejak dulu kala kalau Negara Brasil merupakan sebuah Negara sepak bola yang tangguh. Sudah banyak lahir bakat alami pemain sepak bola dari tanah Samba tersebut. Dari kemampuannya tersebut mengecap sukses berkarier di Negara orang melalui kemampuannya tersebut. Tetapi sejak tahun 2002 silam, Timnas Brasil mengalami kesulitan untuk meraih prestasi.

Kalau kita berbicara Timnas Brasil, maka kita juga akan berbicara mengenai kekuatan dan permainan indah sepak bola Samba yang berlokasi di Amerika Selatan tersebut. Terdapat banyak pemain yang memiliki kualitas bagus seperti, Zico, Pele, Vava yang lahir dan besar di Brasil.

Timnas Brasil Masih Menjadi Favorit Juara

Timnas Brasil

Di kancah sepak bola dunia, Negara Brasil selalu mendominasinya. Tercatat total sudah 5 gelar Piala Dunia sukses mereka dapatkan. Pada tahun 2002 merupakan tahun terakhir mereka menguasai sepak bola dunia. Pada waktu itu didalam Timnas Brasil terdapat nama-nama Besar seperti Ronaldo, Ronaldinho, Cafu, Roberto Carlos, Marcos. Brasil telah sukses menjuarai Piala dunia yang pada waktu itu dihelat di Jepang dan Korea Selatan.

Setelah berhasil menjuarai Piala Dunia 2002, Timnas Brasil seperti kehilangan kekuatannya. Mulai dari Piala Dunia 2006 sampai 2014 lalu, Timnas Brasil merasa sangat kesulitan bersaing dengan Negara-negara lain di Eropa. Bahkan mereka sungguh kesulitan menembus partai final. Lebih parahnya lagi pada tahun 2014 lalu, tampil di rumah sendiri, mereka harus mengakui keunggulan Jerman dengan skor1-7.

Setelah kejadian yang memalukan tersebut, perlahan Timnas Brasil mulai berbenah. Sosok Tite ditunjuk senagai pelatih dan langsung memberikan dampak positif. Timnas Brasil Tampil Luar biasa di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan.

Pada babak tersebut Brasil berhasil keluar sebagai pemuncak klasemen dengan mengumpulkan 12 kemenangan, 5 hasil imbang dan sekali mengalami kekalahan dari 18 kali pertandingan. Dengan hasil yang didapatkannya, maka Brasil masuk sebagai kandidat peraih gelar juara Piala Dunia 2018 yang akan dihelat di Rusia. Sejak ditangani oleh pelatih Tite, Timnas Brasil lebih rapi dalam aspek defensif. Organisasi pertahanan yang rapi, menjadi warna baru dalam permainan Timnas brasil saat ini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed