by

Secara Resmi Timnas Argentina Bercerai Dengan Sampaoli

Kingsport – Penampilan buruk Timnas Argentina tampil di Piala Dunia 2018 telah memakan korban. Jorge Sampaoli harus pergi dari kursi kepelatihan Timnas Argentina. Hasil turnamen Piala Dunia 2018 di Rusia menjadi fase yang ingin dilupakan oleh masyarakat sepak bola Argentina. Argentina terbang ke Rusia dengan membawa misi untuk menembus kegagalan pada ajang Piala Dunia 2014. Kenyataannya Messi dan kolage harus terhenti secara premature.

Timnas Argentina Kini Berpisah Dengan Sampaoli

Timnas Argentina
Timnas Argentina

Timnas Argentina harus terhenti setelah kalah dari dari Timnas Prancis dengan skor 2-4. Perjalanan Timnas Argentina memang sudah mengalami kesulitan dan terlihat tidak meyakinkan sejak masih di fase grup. Argentina sempat mendapatkan hasil imbang ketika melawan Islandia dengan skor 1-1. Harus takluk dari Timnas Kroasia dengan skor 0-3 dan akhirnya dapat lolos dari lubang jarum ketika mendapatkan hasil kemenangan atas Nigeria dengan skor 2-1 pada laga pamungkas.

Rangkaian hasil minor yang dialami oleh Argentina tak lepas dari berbagai kesalahan yang dilakukan oleh pelatih Sampaoli. Kesalahan pertama adalah meninggalkan para pemain yang sedang naik daun seperti Alejandro Gomez, Mauro Icardi dan Geronimoo Rulli. Kesalahan kedua adalah Sampaoli terlalu sering merubah komposisi pemain dan mengubah formasi sepanjang turnamen Piala Dunia 2018 di Rusia.

Berdasarkan kesalahan tersebut pihak Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) melakukan evaluasi.  Puncaknya, organisasi yang dipimpin Claudio Fabian Tapia secara resmi memecat Sampaoli mulai hari Senin (16/07/2018) pagi WIB. Sama persis setelah selesainya perelatan Piala Dunia 2018 di Rusia.

 Selain itu orang kepercayaan Sampaoli yaitu Jorge Desio juga harus meninggalkan Argentina. Dengan begitu kebersamaan Sampaoli dengan Timnas Argentina harus berlangsung singkat. Dirinya baru bergabung dengan Argentina sejak Mei 2017. Selama memimpin Argentina, Sampaoli sudah menjalani 15 pertandingan dengan rincian 7 kemenangan, 4 hasil imbang dan mengalami 4 kekalahan.

Setelah pemecatan ini maka AFA harus segera mencari penggantinya. Sebab Argentina akan menjalani Copa America di Brasil pada tahun 2019. Adanya pelatih baru maka  akan membutuhkan waktu untuk menyesuaikan tim. Saat ini sudah ada nama-nama calon pengganti Samaoli yaitu Mauricio Pochettino dari Tottenham Hotspur, Diego Simeone dari Atletico Madrid dan ada nama Marcelo Gallardo dari River Plate.

Related Post

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed