by

Skema Penyerangan Baru Liverpool Istimewakan Firmino, Kenapa?

Liverpool nampaknya membuat persiapan matang jelang musim ini, pasalnya banyak menerapkan strategi baru. Salah satunya dengan menggunakan Roberto Firmino yang akan mendapatkan peranan penting. Bukannya jadi mesin pencetak gol, melainkan berperan sebagai aliran serangan mematikan.

Jurgen Klopp nampaknya ini bereksplorasi untuk mencari posisi terbaik untuk Firmino, pasalnya tidak terlalu bagus saat mendapatkan posisi striker. Perolehan gol juga tidak terlalu bagus, itulah sebabnya kali ini Firmino akan mengambil peran berbeda. Bahkan tanpa beban harus mencetak puluhan gol musim ini.

Kali ini Klopp akan memberikan peran membantu alur semua pemain mencetak gol, Firmino akan memberikan assist pada semua pemain, apalagi yang menjadi striker utama. Seperti Mohammad Salah dan Sadio Mane. Sehingga sudah tidak lagi akan membandingkan dengan Harry Kane yang jadi mesin pencetak gol Tottenham Hotspur atau perlu mempertanyakan ketajaman Pierre Emerick Aubameyang.

Baca juga : Liverpool Sudah Punya Calon Penerus Philippe Coutinho

Bahkan sang pelatih sendiri memberikan pujian, Klopp tidak segan mengatakan jika Firmino adalah pemain spesial dan hanya ada satu di dunia. Liverpool beruntung memilikinya, bahkan Klopp berselorok, tanpa Firmino The Reds tiadk akan sekuat sekarang, bahkan berhasil mendapatkan banyak kemenangan sekalipun.

Hal ini sesuai dengan apa yang dikatakan Don Hutchison, analis Premier League itu juga menegaskan jika Firmino jadi pemain paling penting untuk Liverpool. Saat banyak pertanyaan, siapa yang terpenting antara Mane, Firmino atau Salah. Banyak yang menyebutkan Mane atau Salah, namun Huchison menyebutkan Firmino.

Dilansir dari Express, Hutchison mengatakan jika pemain Liverpool yang paling penting adalah Roberto Firmino. Bahkan saat ada pilihan Mane, Salah atau Firmino. Jelas pemain terpenting menurutnya adalah Firmino, meskipun setiap orang punya opsi dan opini masing-masing.

Baca juga : Mata Tertusuk Jari, Firmino Sempat Takut Buta

Ditambahkan lagi, kenapa Firmino jadi yang paling penting, hal ini karena dia (Firmino) berhasil menghubungkan semua pemain. Inilah sepak bola sebenarnya, bukan permainan seorang diri melainkan team. Firmino membuat Sadio Mane menjadi penyerang terbaik di dunia, namun saat Mane bermain sendiri tidak akan terjadi hal tersebut.

Hutchiton juga menerangkan, jika keberhasilan dan ketajaman gol Sadio Mane, berasal dari assist yang diberikan Firmino. Keduanya jelas tidak tergantikan, apalagi dengan kedatangan Salah, ini akan membuat lini serang Liverpool semakin tak terbantahkan. Kedua pemain ini tidak bisa digantikan sebagai lini depan, The Reds sangat beruntungan mendapatkannya.

Jika dibandingkan dengan pemain lain, seperti Divock Origi, tidak bisa membantu maksimal seperti Firmino dan Sadio Mane. Bukan hanya soal kemampuan personal, melainkan cara kombinasi dan komunikasi keduanya, inilah yang membuat Mane akhirnya berhasil menjadi pemain terbaik Liverpool.

Bahkan kini, Roberto Firmino memainkan peran yang sangat penting. Bahkan Jurgen Klopp menyebutkan, Firmino jadi kunci kemenangan Liverpool. Pasalnya bisa mengatur ritme permainan, gaya bermain intens dan agresif ini akan memengaruhi bola yang nantinya akan bergulir di pertandingan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *