by

Solskjaer: Comeback MU atas PSG Terilhami Ajax dan Barca

Manchester United mengejutkan jagad sepakbola Eropa dan dunia dengan mampu membalikkan keadaan atas wakil Ligue 1 Prancis, Paris Saint-Germain, di babak 16 besar Liga Champions 2018/2019. Bertamu ke markas Les Parisiens dengan posisi yang kurang menguntungkan usai tunduk 0-2 pada leg pertama di Old Trafford Stadium, Februari 2019 lalu, si Iblis Merah akhirnya menjadi tim yang berhak melaju ke fase perempat final karena berhasil meraih kemenangan 3-1 pada pertarungan ke-2 di Parc des Princes, Kamis, 7 Maret 2019, dini hari tadi. Raksasa Liga Primer Inggris lolos berkat keunggulan jumlah gol tandang.

Solskjaer: Gol Cepat Lukaku, Pembuka Jalan Kemenangan MU

Bertanding di kandang lawan, asa Manchester United tumbuh lewat gol cepat Romelu Lukaku di menit ke-2. Kendati sempat dibalas Juan Bernat pada menit ke-12, namun The Red Devils kembali unggul via gol ke-2 sang bomber asal Belgia di menit ke-30, plus satu tambahan gol Marcus Rashford yang dicetak dari titik putih pada menit ke-94, hingga akhirnya mereka dinyatakan keluar sebagai pemenang lewat skor 3-1.

Terkait ini, Pelatih intertim Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, menyebut gol cepat Lukaku adalah kunci yang membuka jalan kemenangan tim besutannya.

“Start yang sangat luar biasa. Kami memang berencana mencetak gol lebih dulu, namun tidak menyangka itu bakal tercipta saat pertandingan baru berlangsung dua menit. Gol itu membuat permainan terbuka, dan memacu kami untuk bisa mencetak lebih banyak lagi,” kata Ole Gunnar Solskjaer, sebagaimana dikutip dari BBC.

“Kami tahu bahwa kami harus menderita, bertahan melawan Kylian Mbappe dan Angel Di Maria. Andai kami meninggalkan ruang, sudah pasti kami bakal habis,” sambung juru taktik muda berumur 46 tahun tersebut.

Terilhami Comeback Ajax dan Barca

Lebih dari itu, Solskjaer membeberkan bahwa keberhasilan Manchester United dini hari tadi terilhami dari comeback Ajax Amsterdam atas Real Madrid dan FC Barcelona atas Paris Saint-Germain.

Sebagaimana diketahui, Ajax juga berhak melenggang ke babak perempat final Liga Champions 2018/2019 dengan cara yang sangat luar biasa. Wakil Belanda pada leg ke-2 sukses memukul balik Los Blancos 4-1 di Santiago Bernabeu, Rabu, 6 Maret 2019, usai pada pertarungan pertama di Amsterdam, Februari kemarin, tunduk 1-2. Sementara FC Barcelona juga pernah melakukan comeback fantastis pada fase dan ajang yang sama musim 2016/2017 lalu, di mana mereka mempecundangi PSG 6-1 pada leg ke-2 di Camp Nou usai menelan kekalahan 0-4 di Parc des Princes pada pertemuan pertama.

“Kemarin kami melihat pertandingan antara Real Madrid dan Ajax, Barcelona melawan PSG (pada tahun 2017). Itu adalah skenario yang mirip, dan menunjukkan bahwa pikiran dalam sepakbola itu penting,” sambung Solskjaer.

“Para pemain kami juga muda dan segar, yang memberi kami energi lebih ketika kami butuh gol,” tutup Pelatih berpaspor Norwegia tersebut.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed