by

Sutan Zico Berhasil Selamatkan Timnas Garuda Muda

Timnas Indonesia U-16 harus merasa puas dengan satu poin tambahan ketika mereka melawan timnas Vietnam U-16 pada pertandingan kedua Grup C Piala AFC U-16 yang diselenggarakan di Stadion bukit Jalil, Malaysia pada hari Senin kemarin, 24 September 2018. Indonesia juga harus menerima tatkala timnas Garuda Muda harus tertinggal dari Vietnam terlebih dahulu.

Babak pertama laga ini pun berjalan dengan cukup ketat. hal ini dikarenakan timnas U-16 Vietnam acap kali melanggar Timnas Garuda Muda Indonesia. Di babak pertama ini, ada beberapa pemain Indonesia yang harus terjatuh dan terbaring di lapangan sambil menahan sakit yang diakibatkan dari pelanggaran rival. Dengan keadaan ini pun, tim asuhan Fakhri Husaini yang menerapkan formasi 4-3-3 tampak harus mengandalkan sisi sayap untuk bisa menembus pertahanan Timnas Vietnam.

Ernando Ari, Kiper Timnas Garuda Muda, harus mengambil sikap dengan memungut bola dari gawang yang ia jaga saat pertandingan berjalan pada menit ke-30. Tendangan bebas Khuat Van Khang berhasil menjebol pertahanan Ernando yang mengarah ke pojok atas gawangnya.

Adanya gol Vietnam ini sempat membuat Indonesia sedikit kewalahan menembus pertahanan yang disusun oleh Vietnam. Bahkan, aksi individu khas Bagus Kahfi dan teman-temannya terpaksa terhenti di depan ruang penalti rival mereka. Dengan begitu, babak pertama harus diakhiri dengan keunggulan 1 skor Vietnam atas Indonesia.

Keadaan Indonesia berhasil dibalikkan saat Sutan Zico berhasil mencetak golnya ketika pertandingan berjalan di menit ke-48 lewat tendangan dari sudut sempit di dalam kotak penalti Vietnam. Gol inilah yang seolah menjadi gerbang semangat Timnas Garuda Muda kembali terbuka. Sejak gol ini, tercatat para pemain Indonesia menembus pertahanan hingga sempat mengancam Vietnam beberapa kali dengan berbagai percobaan gol. Dalam pembongkaran pertahan Vietnam ini pun, Bagus Kahfi dkk harus mengandalkan berbagai umpan pendek di depan kotak penalti. Sayangnya, pertandingan harus berakhir ketika skor masih bertahan di posisi 1-1, dan keinginan Indonesia untuk menambah gol harus ditahan. Dengan begitu pun, Merah Putih mendapatkan empat poin.

Related Post

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed