by

5 Negara Diselamatkan Teknologi VAR Pada Piala Dunia 2018

Kingsport – Pagelaran Piala Dunia 2018 telah usai dan Timnas Prancis keluar sebagai juaranya. Namun Piala Dunia kali ini meninggalkan banyak cerita yang menyelimuti euforia pesta sepak bola empat tahunan tersebut. Hal itu disebabkan oleh adanya teknologi VAR (Video Assistant Referee) untuk pertama kalinya digunakan di Piala Dunia 2018.

Teknologi VAR Jadi Kontroversi Baru Sepakbola

Teknologi VAR
Teknologi VAR

Tujuan utamanya untuk membantu wasit, tetapi ternyata teknologi VAR ini menimbulkan kontroversi baru di beberapa pertandingan Piala Dunia 2018 di Rusia. Walau seperti itu, ternyata ada beberapa negara yang diuntungkan oleh kecanggihan teknologi tersebut. Tentunya wasit sudah memutuskan secara matang dan tidak mengada-ngada.

Jadi simak beberapa negara yang diselamatkan oleh VAR selama pagelaran Piala Dunia 2018. Berikut daftar negaranya.

  1. Timnas Australia

Pada pertandingan antara Australia vs Denmark yang berakhir imbang berkat VAR. wasit memberikan hadiah penalti bagi Australia dan terhidar dari kekalahan. Hal itu disebabkan Australia memprotes ketika tangan Yurary mengenai bola dan dianggap handball. Mile yang bertugas sebagai penendang sukses menjalankan tugasnya dan pertandingan pun berakhir imbang.

  1. Timnas Spanyol

Pertandingan antara Spanyol melawan Maroko dibumbui oleh adanya VAR. Gol lago Aspas pada menit ke-90, sebelum mencetak gol dirinya sudah dalam kondisi offside dan wasit garis pun sudah mengangkat bendera. Setelah para pemain banyak yang protes wasit akhirnya memutuskan melihat VAR dan setelah itu mengesahkan gol dari Aspas.

  1. Timnas Swedia

Kemenangan yang diraih oleh Swedia saat melawan Korea Selatan juga berkat adanya VAR. Gol penentu kemenangan Swedia berkat hadiah penalti. Hal tersebut berawal dari pelanggaran yang dilakukan oleh Kim Min-woo dalam kotak penalti. Tendangan penalti Andreas sukses membawa Swedia memenangi pertandingan.

  1. Timnas Iran

Pertandingan antara Iran vs Portugal, diwarnai oleh adanya teknologi VAR. Iran mendapatkan hadiah penalty setelah tangan Cedric Soares terkena bola di kotak penalti sendiri. akhirnya Karim Ansarifard berhasil menyelesaikan tugasnya dan memaksa pertandingan berakhir imbang 1-1.

  1. Timnas Kolombia

Kali ini VAR berpihak kepada Kolombia. Berawal dari Sadio Mane terjatuh di kotak penalti Kolombia dan mendapatkan hadiah penalti. Setelah mendapatkan banyak protes akhirnya wasit melihat tayangan VAR. setelah melihat dengan teliti, wasit memutuskan untuk membatalkan penalti tersebut. Sehingga akhirnya Kolombia keluar sebagai pemenang dengan skor 1-0.

Related Post

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

News Feed