by

Telan Kekalahan Perdana di Serie A, Allegri: Genoa Sadarkan Juventus

Laju tak terkalahkan Juventus di pentas Serie A Italia 2018/2019 terhenti sudah. Bertamu ke Stadion Comunale Luigi Ferraris, Minggu, 17 Maret 2019 tadi malam WIB, si Nyonya Tua tunduk 0-2 di tangan Genoa pada giornata ke-28. Namun sang juru taktik, Massimiliano Allegri, meminta semua pihak untuk tidak mendramatisir hasil minor tersebut. Bahkan ia merasa pasukan Cesare Prandelli telah membantu menyadarkan timnya lewat kemenangan mereka.

Juventus menantang Genoa tanpa diperkuat sang megabintang, Cristiano Ronaldo. Sempat bermain imbang minus gol di paruh pertama, namun jala si Nyonya Tua akhirnya berhasil dijebol sang tuan rumah via sepakan Stefano Sturaro di menit ke-72. Kurang dari 10 menit, I Rossoblu bahkan lanjut menggandakan keunggulan mereka lewat aksi Goran Pandev, sekaligus memaksa tim tamu pulang dengan kepala tertunduk tanpa tambahan poin. Hasil minor ini pun menjadi kekalahan pertama bagi Bianconeri, yang sebelumnya sukses mengantongi 24 kemenangan dari 27 pertandingan mereka di panggung Serie A 2018/2019.

Masih Kokoh di Puncak Klasemen

Kendati begitu, Juventus tetap kokoh memuncaki papan klasemen sementara kompetisi kasta tertinggi sepakbola Italia tersebut. Dengan koleksi 75 poin, Cristiano Ronaldo dkk masih unggul 15 angka dari Napoli yang mengekor di tangga runner up. Fakta inilah yang kemudian membuat sang allenatore, Massimiliano Allegri, meminta semua pihak untuk tidak terlalu membesar-besarkan kekalahan perdana tim besutannya. Dia menilai hasil minor itu sebagai sesuatu wajar, terlebih Bianconeri baru saja bertarung habis-habisan di Liga Champions 2018/2019 tengah pekan kemarin, untuk menyikirkan Atletico Madrid dari babak 16 besar, Rabu, 13 Maret 2019, di Allianz Stadium of Turin.

“Kami tidak menunjukkan performa yang bagus, kami membuat kesalahan, dan gol pertama Genoa datang secara tiba-tiba. Tak bisa dipungkiri bahwa usaha keras yang kami lakukan saat melawan Atletico Selasa lalu (waktu setempat), memberi kami beban tersendiri. Namun kami memilih laga yang tepat untuk mengalami kekalahan, sesaat sebelum jeda internasional. Jadi sekarang kami memiliki waktu untuk beristirahat sejenak,” kata Massimiliano Allegri kepada Sky Sport Italia.

“Kami tentu tidak bisa melulu menampilkan yang terbaik. Mustahil kami sanggup memenangi setiap laga, dan saya sudah katakan itu sejak awal. Jadi tidak perlu membuat drama dari hasil ini. Kami sudah memainkan 28 pertandingan, memenangi 24 di antaranya dan meraih tiga hasil seri. Jadi tidak terlalu buruk,” tambah pelatih berumur 51 tahun tersebut.

Genoa Sadarkan Juventus

Lebih jauh, Allegri merasa kekalahan yang diterima dari Genoa justeru memberikan dampak positif tersendiri bagi Juventus, menyadarkan tim bahwasanya trofi Serie A musim ini belum benar-benar menjadi milik mereka, masih membutuhkan upaya keras untuk meraihnya.

“Saya pikir kekalahan ini memberikan dampak positif bagi kami, membangunkan kami. Semula kami berpikir sudah berhasil memenangi scudetto, tapi ternyata tidak begitu. Kami masih butuh lima kemenangan, di samping berharap Napoli kehilangan angka,” pungkasnya.

Related Post

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed