by

Tempatkan Kante di Posisi Lain, Sarri Dikritik Legenda Premier League

Sang legenda Premier League, Alan Shearer, melontarkan kritikannya kepada Maurizio Sarri yang telah memaksa N’golo Kante untuk bermain dalam posisi yang tidak ideal. Dirinya yakin bahwa Kante harus pulang kembali ke posisi utamanya.

Semenjak adanya kehadiran Sarri dalam The Blues, Kante memang telah mendapatkan peran yang baru. Dirinya ditempatkan sebagai seorang gelandang tengah yang kerap menekan para pemain semenjak daerah bermain lawan. Kante tampak begitu tak kenal dengan lelah.

Posisi yang baru ini begitu berbeda dengan peran yang dijalani Kante musim kemarin, ketika dirinya masih bermain dalam posisi idealnya yakni sebagai gelandang bertahan. Kante merupakan salah satu gelandang bertahan terbaik dalam era modern kali ini.

Walaupun memang tokcer dalam beberapa pertandingan, instruksi Sarri itu kini terbukti gagal total ketika Chelsea harus menyerah 1-3 dari Tottenham Hotspur pada laga akhir pekan kemarin.

Bagi Shearer, peran yang dijalankan Kante sangatlah penting. Kante berada di depan dua orang bek engah, dan dirinya bergerak untuk mengejar lawan lalu memutus serangan. Pada intinya, Kante memudahkan kinerja kedua bek tengah tim itu.

“Tanpa dinamo pemain Prancis kecil ini [Kante] di ruang itu [antara bek dan gelandang], menekan lawan, mengejar lawan, itu membuat dua bek tengah Chelsea David Luiz dan Antonio Rudiger begitu terbuka – seperti yang ditunjukkan Spurs dengan jelas,” buka Shearer di tribalfootball.

“Leicester City menjuarai liga dengan Wes Morgan dan Robert Huth sebagai pasangan bek tengah mereka. Bek tengah hebat tetpai tidak ada yang cepat.”

Kehebatan yang dimiliki oleh Kante telah terbukti ketika Leicester berhasil menjadi juara. Saat itu, Huth serta Morgan memang menjadi bek tengah yang lambat, namun Kante bisa menutupi kekurangan lini pertahanan Leicester dengan baik.

“Namun kekurangan mereka ditutupi dengan baik oleh Kante – gelandang bertahan terbaik di dunia. Jorginho bahkan tidak berada di kelas yang sama.”

“Kante disia-siakan saat dia bermain seperti yang dilakukan melawan Spurs, lebih tinggi di lapangan dan di sisi kanan. Dia bukanlah gelandang serang,” tutup Shearer.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed