by

Timnas Argentina Batalkan Uji Tanding Melawan Israel di Yerusalem

Kingsport – Uji tanding yang dilakukan oleh Timnas Argentina melawan Israel untuk persiapan ajang Piala Dunia yang rencanannya akan dilaksanakan pada hari Minggu (10/06/2018) terpaksa harus dibatalkan. Laga tersebut ternyata mendapatkan penolakan dari berbagai pihak. Hal yang menjadi masalah adalah lokasi digelarnya pertandingan.

Rencananya pertemuan kedua tim ini akan diselenggarakan di Stadion Teddy, yang merupakan tanah bekas pemukiman warga Palestina di Yerusalem. Di lokasi tersebut merupakan masih menjadi masalah tanah sengketa antara pemerintah Palestina dan Israel. Apabila pertandingan itu tetap terlaksana maka Presiden FA Palestina, Jibril Rajoub, memperintahkan kepada warga Palestina untuk membakar kaus dan poster megabintang Timnas Argentina, Lionel Messi.

Timnas Argentina Batalkan Uji Coba Lawan Israel

Timnas Argentina

Presiden Jibril Rajoub menjelaskan bahwa olahraga dijadikan oleh pemerintah Israel sebagai alat politik. Terdengar kabar kalau di media Argentina, pertandingan nanti merupakan sebagai perayaan 70 tahun Negara Israel. Sebuah penolakan juga disampaikan oleh Duta Besar Palestina di negara Argentina, Husni Abdel Wahed. Dirinya menyatakan bahwa pertandingan persahabatan ini tidak pernah dipandang bersahabat oleh warga Palestina.

Penolakan tersebut tidak hanya datang dari para warga Palestina saja, Wakil Presiden Federasi Sepak Bola Argentina, Hugo Moyano, menjelaskan bahwa Timnas Argentina juga mendapatkan ancaman dari grup Catalunya pro-Palestina. Hal tersebut terjadi saat Timnas Argentina melakukan latihan di Barcelona pada hari Selasa (05/06/2018).

Teror tersebut membuat keluarga para pemain merasa tidak nyaman. Dari berbagai penolakan yang ada, membuat Moyana sadar kalau pertandingan persahabatan ini sebaiknya dibatalkan. Salah satu pemain Striker Gonzalo Higuain juga memiliki pemikiran yang sama. Pemain andalan Juventus itu mengafirmasi kalau politik adalah penyebab laga ini dibatalkan.

Di sisi lain, dengan batalnya laga ini dianggap warga Palestina sebagai sebuah kemenangan. hal tersebut dikatakan oleh Abdel Salam Haniyeh, anggota Kementrian Pemuda dan Olahraga Palestina, melalui via Facebook.

Dalam status Facebook tersebut tertulis pihak Palestina mengucapkan terima kasih kepada seluruh orang-orang liberal di dunia olahraga dan siapa saja yang berdiri bersama pihak Palestina untuk menolak jalannya pertandingan antara Timnas Argentina melawan Israel.

Related Post

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed