by

Timnas Jepang Berhasil Memetik Kemenangan Atas Kolombia

Kingsport – Sebuah kejutan kembali terjadi di Grup H Piala Dunia 2018. Timnas Kolombia harus mengakui keunggulan Timnas Jepang pada laga Matchday pertama yang tersaji di Mordovia Arena, Selasa (19/06/2018) malam WIB. Kemenangan Jepang ditentukan oleh gol yang diciptakan oleh Shinji Kagawa pada menit ke-6 dan Yuto Osaka pada menit ke-73.

Timnas Jepang Sukses Singkirkan Kolombia

Timnas Jepang
Timnas Jepang

Dengan hasil ini, skuat Akira Nishino tidak hanya menciptakan sebuah kejutan, tetapi mereka juga berhasil membalas sakit hati kepada Kolombia. Pada saat ajang Piala Dunia 2014 lalu, Samurai Biru harus menelan kekalahan atas Kolombia dengan skor 1-4. Tentunya hal tersebut membuat Jepang tidak mau merasakan kedua kalinya.

Pada pertandingan kali ini, Timnas Kolombia tampil pincang tanpa pemain andalannya James Rodriguez. Pada pertandingan tadi, posisi James diganti oleh Juan Fernando Quintero untuk mengisi posisi  gelandang serang yang didampingi oleh Juan Cuadrado dan Jose Izquiredo. Pada posisi striker diisi oleh Radamel Falcao.

Sementara Timnas Jepang tampil dengan kekuatan penuh. Ada seorang Yuyo Osako pada lini serang, Shinji Kagawa di lini tengah dan ada nama Yuto Nagatomo di posisi pertahanan. Serangan pertama yang dilancarkan Jepang langsung membuahkan hasil pada menit ke tiga. Jepang mendapatkan pinalti setelah pemain belakang Kolombia, Carlos Sanchez menghadang bola dengan tangannya didalam kotak pinalti. Sehingga wasit pun memutuskan untuk menghukum Sanchez dengan kartu merah.

Pinalti yang diambil Kagawa sebagai eksekutor sukses merobek gawang David Ospina sehingga membawa Jepang unggul 1-0. Melihat Timnas Kolombia Pincang maka pelatih Jose Pekerman mengubah formasinya menjadi 4-4-1. Sehingga akhirnya Kolombia berhasil mengimbangi permainan Jepag.

Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya lahir pada menit ke-39. Saat Kolombia mendapatkan tendangan bebas di depan kotak pinalti Jepang. Tendangan bebas ini di ambil oleh Quintero dan berhasil melewati pagar hidup Jepang ke arah pojok gawang. Sebenarnya kiper Eiji Kawashima sudah sempat menangkap bola, tetapi terlambat masuk ke dalam garis gawang. Didukung dengan adanya fitur goal line technology yang menunjukkan bahwa bola sudah masuk ke gawang.

Jepang akhirnya mampu menambah golnya melalui sepakan yang dilepaskan oleh Honda dan di sundul oleh Osako sehingga masuk ke gawang Kolombia. Sampai menit akhir skor tetap tidak berubah. Timnas Jepang berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 2-1.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed