by

Tumbangkan Belgia, Timnas Prancis menuju Final Piala Dunia 2018

Kingsport – Timnas Prancis membuka harapan untuk meraih gelar Piala Dunia ke dua kalinya. Les Blues akhirnya memastikan untuk lolos ke babak final setelah mengalahkan Timnas Belgia pada babak semifinal. Pada pertandingan ini Timnas Prancis menang tipis dengan skor 1-0. Gol tunggal tersebut dicetak oleh Samuel Umtiti. Gol dari Umtiti ternyata sudah mampu mengantarkan kemenangan untuk Prancis. Pertandingan penting ini dihelat di Saint Petersburg Stadium pada hari Rabu (11/07/2018) dini hari WIB.

Timnas Prancis Tunjukkan Nyali Juaranya

Timnas Prancis
Timnas Prancis

Pada pertandingan ini Timnas Belgia tampil dengan formasi berbeda. Biasanya mereka bermain dengan 3-5-2 kali ini Timnas Belgia memainkan pola 4-3-3. Biasanya memainkan Thomas Meunier kali ini Pelatih Roberto Martinez mencadangkannya. Pada lini pertahanan ada Nacer Chadli mengisi lini pertahanan. Sementara Marouane Fellaini, Mousa Dembele dan Alex Witsel dipercaya memperkuat lini tengah Timnas Belgia.

Timnas Prancis sendiri juga melakukan perubahan. Pemain Juventus, Blaise Matuidi yang sebelumnya tidak dapat memperkuat Prancis pada babak perempat final maka kali ini dirinya kembali dan menjadi pilihan utama. Blaise tampil bersama Paul Pogba dan N’Golo Kante pada lini tengah Prancis.

Kedua tim menerapkan pola yang hampir sama. Mereka memainkan permainan yang terbuka. Memainkan permainan yang cepat sejak menit pertama. Peluang pertama dimiliki oleh Eden Hazard tetapi usahanya masih mampu digagalkan oleh Raphael Varane. Olivier Giroud pun tidak mau kalah, dirinya mendapatkan dua kali peluang namun usahanya masih belum berhasil.

Peluang paling berbahaya lahir dari Timnas Belgia melalui sepakan Toby Alderweirld.  Kemampuan penjaga gawang Hugo LIoris masih mampu melakukan penyelamatan yang baik. Penyelamatan yang tak kalah baiknya ditunjukkan oleh penjaga gawang Belgia, Courtois. Kiper andalan Chelsea ini mampu menahan tendangan keras Benjamin Pavard pada menit ke-40.

Kebuntuan pecah pada babak kedua, melalui sepak pojok Griezmann, Samuel Umtiti mampu menyundulnya menjadi gol. Courtois gagal menghalau bola yang sudah mengarah kesisi pojok gawang. Belgia pun mencoba terus untuk mencuri kesempatan. Sementara Timnas Prancis memiliki pertahanan yang bagus, sehingga sampai peluit akhir berbunyi skor tidak berubah. Timnas Prancis berhak melangkah ke babak final Piala Dunia 2018.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed