by

UEFA Ungkap Jumlah Gaji Presiden Federasi Sepakbola Eropa ke Publik

DetikSport – UEFA telah mengungkapkan bahwa presiden Aleksander Ceferin memperoleh gaji sebelum pajak sebesar 1,56 juta franc Swiss ($ 1,64 juta), memenuhi janji transparansi atas gaji pejabat tinggi dalam federasi sepakbola itu. Gaji Ceferin pada tahun 2016-17 sama dengan gaji dasar Presiden FIFA Gianni Infantino sebesar 1,53 juta franc ($ 1,61 juta) pada tahun 2017. Uang tersebut dikenakan pajak di Slovenia bagi Ceferin dan juga pada tingkat teratas 51 persen di Swiss dimana UEFA berbasis, kata badan sepak bola Eropa, Jumat.

Sementara Ceferin tidak berhak menerima bonus, FIFA mengatakan Infantino memenuhi syarat. Infantino tidak mendapat bonus untuk 2017 saat FIFA membuat keuntungan bersih sebesar $ 192 juta, meskipun badan sepak bola dunia telah menganggarkan untuk menghasilkan keuntungan satu miliar dolar di tahun 2018 di Piala Dunia.

Infantino memperoleh jumlah dasar yang sama dengan Ceferin meskipun pendapatan FIFA kurang dari setengah dari UEFA selama empat tahun siklus keuangan yang terkait dengan kompetisi besar. Tidak jelas apakah presiden UEFA dibayar paling banyak di antara enam pemimpin sepakbola federasi benua di FIFA. Lainnya termasuk badan sepak bola Amerika Utara CONCACAF tidak mempublikasikan rincian gaji.

Gaji Ceferin secara signifikan kurang dari pendahulunya, Michel Platini, yang tercermin dalam akun keuangan UEFA pada 2016-17 yang diterbitkan bulan lalu. “Pengeluaran yang diatur” untuk kepresidenan dan komite eksekutif adalah 6,1 juta euro ($ 7,5 juta) – 1,25 juta euro ($ 1,54 juta) kurang dari tahun terakhir kepresidenan Platini saat dia diskors oleh FIFA karena masalah finansial.

Gaji FIFA untuk sekretaris jenderal-nya juga lebih dari UEFA membayar administrator puncaknya. UEFA mengatakan sekretaris jendralnya, Theodore Theodoridis, mendapat gaji pra-pajak 950.000 franc ($ 998.000) tahun lalu. Dia bisa menghasilkan bonus hingga 35 persen lebih banyak.

Sekjen FIFA Fatma Samoura memperoleh 1,33 juta franc ($ 1,4 juta) pada 2017, menurut laporan keuangan yang dipublikasikan pada hari Jumat. FIFA membayar pejabat tingginya lebih banyak dari pada badan sepak bola Eropa mengenai pendapatan yang dianggarkan sekitar $ 5,7 miliar dari tahun 2015 melalui Piala Dunia 2018 di Rusia.

Pendapatan UEFA untuk periode empat tahun yang sama adalah 12,3 miliar euro ($ 15,2 miliar), termasuk Kejuaraan Eropa 2016. Ini termasuk pendapatan tahunan dari Liga Champions yang menguntungkan dan Liga Europa, yang sebagian besar dibayarkan ke klub sebagai hadiah.

Ceferin bukanlah pejabat sepak bola dengan gaji tertinggi di komite eksekutif UEFA beranggota 20 orang. Ivan Gazidis, yang mewakili klub-klub Eropa di komite penguasa UEFA, membayar 2.618 juta pound ($ 3,62 juta) pada musim 2016-17 oleh Arsenal sebagai chief executive-nya, menurut akun klub.

UEFA mengatakan bahwa pihaknya tidak membayar gaji kepada Gazidis dan Chairman Juventus Andrea Agnelli karena bertugas di komite eksekutifnya karena delegasi dipilih oleh European Club Association. UEFA menunjuk penasihat independen ke dalam panel beranggota empat orang yang memutuskan membayar gaji pejabat tinggi. Panel tersebut diketuai oleh David Gill, mantan CEO Manchester United yang merupakan wakil presiden terpilih FIFA dan UEFA.

Related Post

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed