by

Van Gaal: Barca Tidak Lebih Baik dari Manchester City dan Liverpool

Kendati banyak orang mengangap FC Barcelona sebagai kandidat terkuat dalam perburuan gelar juara Liga Champions 2018/2019, namun tidak demikian bagi Louis van Gaal. Ketimbang raksasa Catalan yang pernah dinahkodainya pada 1997-2000 serta 2002-2003, pria Belanda menilai Manchester City dan Liverpool lebih laik difavoritkan untuk keluar sebagai kampiun di kompetisi elit Eropa tersebut musim ini.

Tidak Lebih Baik dari Duo Inggris

FC Barcelona tengah berada di jalur yang tepat untuk meraih tiga gelar sekaligus di musim kompetisi 2018/2019. Selain unggul jauh di puncak klasemen sementara La Liga, El Barca juga sudah berhasil menapakkan kaki mereka ke final Copa del Rey, serta masuk ke perempat final Liga Champions. Ketangguhan yang ditunjukkan laskar asuhan pelatih Ernesto Valverde musim ini pun membuat Lionel Messi dk kian diunggulkan dalam perebutan tahta juara kompetisi kasta tertinggi Eropa, kendati mereka harus berhadapan dengan Manchester United di fase 8 besar.

Namun begitu, meski dominan di banyak kejuaraan, Louis Van Gaal menilai La Blaugrana tidak lebih baik dari duo Inggris, Manchester City dan Liverpool.

“Orang-orang berpikir Barcelona adalah tim terbaik, tapi sebenarnya tidak. Manchester City dan Liverpool adalah tim dengan kualitas lebih dari Barcelona. Dan Liverpool lebih dari Manchester City,” kata Louis van Gaal kepada BBC.

Tak berbeda jauh dari FC Barcelona, Manchester City dan Liverpool juga memang tampil sangat mengesankan di musim kompetisi 2018/2019. The Citizens bahkan tengah berada di jalur yang benar untuk meraih quadruple winners atau 4 trofi juara sekaligus, seiring keberhasilan mereka mengamankan gelar kampiun Carabao Cup, bersaing hebat di puncak klasemen Liga Primer Inggris, dan menembus seminal FA Cup dan perempat final Liga Champions. Sementara The Reds berpeluang memenangi dua piala sekaligus, yakni di ajang Premier League dan UEFA Champions League.

Di level Eropa, Manchester City dan Liverpool pun tampil sangat perkasa. Si Biru Langit lolos dari babak 16 besar dengan menggasak FC Schalke 10-2 secara agregat, sedangkan The Anfield Gank melumat Bayern Munchen via skor 3-1. Pada fase perempat final nanti, masing-masing dari mereka terundi untuk berhadapan dengan Tottenham Hotspur dan FC Porto.

Harapan van Gaal

Kendati menyebut Liverpool lebih baik dari kedua rivalnya, namun Van Gaal mengaku lebih mengharapkan Manchester City yang keluar sebagai pemenang di Liga Champions musim ini.

“Pada filosofi saya, tim terbaik yang seharusnya menang. Tapi saya berharap Manchester City (yang menjuarai Liga Champions) karena mereka memainkan sepakbola terbaik,” tutup pria berumur 67 tahun tersebut.

Related Post

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed